DETAIL NEWS

Apakah Perlu Melakukan Balancing Velg Motor ?

Date : 09 November 2020 , Post Via : Admin, Views : 1801

Apakah Perlu Melakukan Balancing Velg Motor ?

Feders-Velg salah satu perlengkapan penting dan khusus pada setiap kendaraan, kalau gak ada velg maka roda tidak akan bisa dipasangkan.

Ternyata banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya melakukan balancing pelek motor yang dipakai harian itu sebenarnya cukup penting.

Seberapa pentingkah balancing pelek di motor harian? 

Jawabannya adalah balancing ban itu perlu, terutama buat untuk sepeda motor yang sudah menggunakan pelek lebar, bahkan bisa dibilang balancing ban sangat dianjurkan untuk motor yang sudah pakai pelek lebar, seperti pelek yang dipakai oleh motor sport dan matic 150 cc, 250 cc atau motor gede.

Lalu, apa yang terjadi jika ban motor tidak balance? Pada kecepatan rendah sampai sedang memang tidak akan terlalu terasa masalahnya. 

Nah, masalah baru terasa saat sepeda motor dipacu dengan kecepatan tinggi, ban akan terasa kurang stabil dan bergetar, sehingga berkendara menjadi kurang nyaman.

Apa bedanya balancing ban motor dengan ban mobil?

Pada prinsipnya, balancing ban motor tidak jauh beda dengan balancing ban mobil. Sedikit perbedaannya adalah balancing ban motor  yang biasa dilakukan adalah Static, artinya hanya di satu titik saja, yaitu titik keseimbangani. 

Sedangkan mobil karena peleknya lebih lebar, umumnya balancingnya Dynamic, yang berarti lebar pelek juga diperhitungkan

Ketika balancing, ban motor akan dimasukkan ke dalam alat yang bernama balancer. Hebatnya alat ini adalah mampu menunjukkan di titik mana ban harus diseimbangkan. 



contoh bottom frame
x