DETAIL NEWS

Bagian Motor Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Date : 29 Januari 2021 , Post Via : Admin, Views : 1890

Bagian Motor Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Feders-Musim hujan seperti sekarang ini,  perawatan motor harus lebih ekstra. Tidak hanya bagian luar motor saja yang harus dirawat, bahkan bagian dalam motor pun harus dirawat dengan baik.

Mengingat musim hujan, pasti kemungkinan bagian dalam motor kemasukan air sehingga penting bagi Anda melakukan perawatan. 

Pasalnya, jika Anda membiarkan hal ini dalam waktu lama maka bukan tidak mungkin jika suatu saat performa motor Anda akan menurun.

Untuk itu, sebagai pemilik motor tentu Anda tidak ingin bukan jika motor Anda mengalami kerusakan dan penurunan performa? Untuk itu, mari kita simak tips merawat motor saat musim hujan.

1.Mencuci motor
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor Anda di musim penghujan adalah dengan mencuci sepeda motor Anda setelah terguyur hujan. 

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kandungan zat asam pada air hujan dapat berpotensi mengurangi kilau cat motor Anda. 

Meski Anda tidak memiliki waktu untuk mencuci motor Anda maka Anda bisa melakukannya dengan sekedar mengguyur seluruh bodi motor Anda dengan menggunakan air bersih untuk menjaga penampilan motor Anda dan mencegah timbulnya karat akibat keguyur air hujan.

2.Memastikan tekanan ban
Setelah Anda menerjang genangan air atau banjir, maka periksalah tekanan udara dalam ban motor Anda. Jika tekanan udara ban motor Anda kurang maka yang dapat terjadi adalah permukaan ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan menjadi semakin banyak. Akibatnya, tarikan motor Anda menjadi berat dan efeknya ban motor Anda menjadi tipis atau gundul.

3.Memastikan kondisi rantai dalam keadaan baik
Air hujan yang mengguyur bagian dalam motor maka akan menimbulkan karat, khususnya pada rantai motor. Terlebih jika motor Anda tidak menggunakan penutup rantai, hal ini akan membuat rantai motor Anda rentan terkena karatan akibat air hujan. 

Untuk itu, sebagiknya Anda mengencangkan kembali setelan rantai motor anda dan pastikan tidak lupa untuk dilumasi dengan grease khusus rantai.

4.Periksa kanvas rem dan piston cakram rem
Sudah diketahui bahwa kanvas rem terbuat dari bahan asbes sehingga jika terkena air maka akan menggelembung dan mengeras jika sudah kering. 

Untuk itu, setelah motor dicuci sebaiknya Anda sering menginjak pedal rem agar kanvas rem kering. Jika Anda tidak melakukan hal demikian, maka motor Anda akan keras saat menginjak pedal rem.

Sementara di bagian cakram rem sebaiknya rutin dilakukan pembersihan karena cakram rem bersifat terbuka dan ketika Anda menerjang genangan air atau banjir maka kotoran akan menempel pada cakram rem motor Anda.

5.Knalpot
Biasanya saat Anda mengendarai motor pada musim hujan maka kotoran air hujan akan menempel pada bagian dalam dan leher knalpot. Untuk itu, sebaiknya Anda bersihkan bagian satu ini agar sistem pembuangan pada motor Anda tetap berfungsi dengan baik. 

Kamu bisa semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease lalu panaskan kembali motor Anda dalam waktu kurang lebih 5 menit.

6.Membersihkan busi motor
Busi menjadi salah satu komponen vital yang perlu diperhatikan saat musim hujan. Untuk itu, setelah membersihkan motor maka sebaiknya Anda mencabut kop atau karet penutup busi kemudian tiup atau dibersihkan dengan lap. Karena jika busi motor basah maka akan menghambat pengapian motor ketika dinyalakan.

Ingat Feders, jangan malas melakukan perawatan motor kesayangan kamu saat musim hujan, jangan lupa ganti oli pakai Federal Oil.(Federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x