DETAIL NEWS

Begini Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor yang Benar Supaya Awet

Date : 18 Juni 2021 , Post Via : Admin, Views : 617

Begini Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor yang Benar Supaya Awet

Federal Oil - Rantai pada sepeda motor menajdi salah satu part yang tidak boleh terlewatan untuk dirawat.

Fungsi rantai motor tidak lain adalah mendukung kinerja dari rantai motor itu sendiri. Rantai akan menyalurkan energi gerak yang dihasilkan oleh mesin motor. 
Energi gerak pada transmisi akan memutar gear depan beserta rantai yang akan meneruskan energi gerak tersebut ke bagian gear belakang.

Selanjutnya, gear belakang yang terhubung dengan tenaga transmisi pada roda belakang akan berputar dengan bantuan rantai motor. 

Perputaran pada roda belakang itulah yang bisa menggerakkan kendaraan karena dapat mendorong roda depan berputar.

Cara kerja rantai motor tersebut dibantu oleh bagian-bagian yang ada padanya. Bagian-bagian tersebut akan menunjang kinerja mesin motor.

Baca Juga: Hati-hati, Berikut Bagian Kelistrikan Pada Motor yang Sering Bermasalah

Jadi jika ini bermasalah, maka mesin pun demikian. Karena itu, kendaraan sangat penting untuk dilihat kondisinya secara rutin dan dilakukan perbaikan secara berkala pada bengkel yang tepat.

Perawatan rantai yang bisa kamu lakukan dengan membersihkan secara rutin dari kotoran yang menempel pada rantai.

Cara membersihkan rantai motor dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang aman dan memang ampuh saat diaplikasikan. Contohnya yaitu cairan penetran, minyak tanah, hingga sabun cuci piring. Bahan lainnya yang bisa digunakan yaitu bensin, sikat gigi, dan kuas.

Pertama, posisikan motor Anda pada standar tengah. Kemudian oleskan bensin pada permukaan rantai untuk merontokkan kerak dan kotoran pada rantai dan gear. 



contoh bottom frame
x