DETAIL NEWS

Begini Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Benar Supaya Awet

Date : 13 Juli 2021 , Post Via : Admin, Views : 971

Begini Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Benar Supaya Awet

Federal Oil - Saat ini semua sepeda motor sudah menggunakan teknologi injeksi, mulai dari motor matic, bebek sampai motor sport sekalipun.

Dengan teknologi tersebut, perawatan motor menjadi lebih mudah, karena tanpa harus membersihkan karburator. Meski mudah dalam perawatan terkadang banyak pemilik motor yang menyepelekan servis berkala.

Padahal servis berkala sangat penting supaya kita mengetahui bagian atau komponen apa saja yang harus segera diganti jika sudah melebihi waktu yang telah ditentukan, misalnya ganti oli.

Dalam hal ini motor matic saat ini lebih populer dengan berbagai kelebihannya. Namun demikian, tetap saja untuk membuatnya awet, perawatannya harus baik. Nah, untuk menambah wawasan kamu berikut ini caranya.

Selalu cek bahan bakar

Kebanyakan sekarang motor matic bahan bakarnya tidak lagi memanfaatkan karburator, akan tetapi memilih untuk menggunakan sistem injeksi. Salah satu kelebihan jika kamu memilih menggunakan motor matic sistem injeksi adalah bahan bakar pada motor akan lebih irit.

Salah satu perawatan penting motor jenis ini adalah dengan memastikan bahwa tangki motor selalu dalam posisi terisi bahan bakar. Misalnya, dengan melakukan pengecekan selama dua atau tiga hari sekali jika tangki hampir kosong, maka segeralah untuk diisi ulang.

Ini tentu juga penting dilakukan sebelum bepergian. Agar motor tidak mengalami kerusakan selama perjalanan, maka pastikan mengisi bahan bakar terlebih dahulu jika sudah waktunya diisi.

Ganti Oli berkala

Selanjutnya ganti oli rutin secara berkala di bengkel resmi atau bengkel yang sudah kamu percaya, jika motor masih benar-benar baru sebaiknya di bengkel resmi supya jika terjadi kerusakan masih bisa klaim garansi.

Dampak jika motor sering telat ganti oli salah satnua akan mempercepat kerusakan pada mesin sehingga kinerja mesin tidak lagi maksimal.

Memanaskan Motor sebelum beraktivitas

Cara yang tak kalah penting agar motor matic injeksi kamu tetap bisa digunakan secara baik adalah memanaskan motor. Biasakan sebelum berpergian kemanapun, panaskanlah motor terlebih dahulu selama lima sampai dengan sepuluh menit.

Adapun manfaat melakukan hal ini adalah, mesin motor yang akan berfungsi secara stabil dan bahan bakar yang terdapat di dalam motor bisa menyebar ke seluruh bagian mesin. Biasanya, memanasi motor dilakukan di pagi hari.

Selalu periksa bagian V-Belt dan Roller

Cara merawat motor matic yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian V- Belt dan Roller. Bagian ini fungsinya sama dengan rantai yang terdapat pada motor manual atau pada motor sport, yakni untuk pengantar daya yang berasal dari dalam mesin.

Bagian ini merupakan bagian yang rentan terkena kotoran, sehingga Anda harus melakukan pengecekan rutin. Jika terdapat bunyi dari bagian ini maka gantilah dengan van belt dan roller yang baru.

Periksa Aki dan Busi

Salah satu penyebab motor tiba-tiba mogok di tengah jalan adalah karena aki dan busi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu tentu tidak akan terjadi apabila sering melakukan pengecekan rutin terhadap dua komponen tersebut.

Aki dan busi merupakan komponen penting yang ada di dalam motor, sehingga jika mengalami kerusakan kamu harus segera membawanya ke bengkel untuk diganti dengan yang baru. Jangan abaikan aki dan busi dengan tidak merawatnya, karena itu tentu akan merugikan kamu sendiri.

Servis di bengkel resmi

Supaya kualitas komponen yang diganti pada terjamin, sebaiknya lakukan servis motor di bengkel resmi, hal itu juga supaya jika ada kesalahan dari mekanik kamu bisa melakukan klaim.

Itulah beberapa langkah cara merawat motor injeksi.(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x