DETAIL NEWS

Berikut 8 Komponen Pada Sepeda Motor yang Wajib diganti Secara Berkala

Date : 13 Mei 2021 , Post Via : Admin, Views : 1067

Berikut 8 Komponen Pada Sepeda Motor yang Wajib diganti Secara Berkala

Mengganti beberapa komponen sepeda motor yang memang seharusnya secara berkal diganti akan membuat kekuatan sepeda motor tetap prima dan gesit. 

Selain itu, suara mesin sepeda motor pun akan terasa halus dan seperti sedia kala saat kita pertama membeli motor tersebut. namun, semua itu juga harus diiringi perawatan dari ahli service.

Berikut merupakan rangkuman dari delapan komponen sepeda motor yang perlu diganti secara berkala.


1. Oli Mesin
Penggunaan sepeda motor pasti sudah tidak asing dengan penggantian oli. Oli mesin mempunyai peran yang vital pada mesin sepeda motor. Komponen ini berperan sebagai pelumas kinerja di dalam mesin kendaraan.

Penggantian oli mesin secara berkala akan membuat sepeda motor menjadi terasa lebih halus dan memiliki akselerasi yang baik. Karena memiliki peran yang penting, oli mesin kerap diibaratkan seperti darah di dalam tubuh manusia. Sejauh ini oli menjadi komponen pertama yang wajib diganti secara berkala.

Idealnya oli diganti setiap sebulan atau dua bulan sekali. Namun juga tergantung dari pemakaian kendaraan Anda, ya.

2. Busi
Jangan pernah meremehkan kondisi busi pada kendaraan. Meski busi adalah spare part atau suku cadang dengan ukuran mini tapi jika busi sudah bermasalah maka mesin sepeda motor tidak akan berjalan fungsinya seperti biasa. 

Busi sendiri merupakan suku cadang yang berfungsi untuk memantik api agar pembakaran mesin bekerja. Jadi jika busi sudah kotor, ada baiknya pengguna sepeda motor segera mengganti bukan malah dibersihkan. Busi biasanya diganti saat motor telah digunakan menempuh jarak sebesar 20.000 km dan 50.000 km.

3. Aki
Aki berfungsi mengoperasikan sistem kelistrikan pada sepeda motor. Jika sepeda motor masih menggunakan aki basah, maka pengguna perlu memeriksa secara rutin kondisi air aki. Namun jika sudah menggunakan aki kering biasanya perlu waktu 1,5 - 2 tahun untuk mengganti aki. Itupun jika kita menggunakan sepeda motor secara rutin.

4. Lampu Kendaraan
Tidak hanya aki, lampu kendaraan pun punya batas usia pemakaian. Jika Anda merasa komponen lampu di kendaraan sudah agak redup atau bahkan tidak menyala sama sekali, sebaiknya segera dilakukan pengecekan dan diganti jika perlu. Sebab meski sepele, keberadaan lampu ini memegang peran yang cukup vital, lho.



contoh bottom frame
x