Cara Jitu Bersihkan Rantai Motor Agar Tetap Kinclong

Tanggal : 02 Oktober 2022 , Penulis : Tim Konten

 

Federal Oil - Rantai menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor. Rantai sepeda motor harus diservis dan dibersihkan setiap saat agar traksi dan akselerasi tidak berkurang.

Cara membersihkan rantai sepeda motor harus dilakukan dengan bahan yang aman agar tidak menimbulkan kerusakan lebih lanjut.

Jika kurang merawat rantai sepeda motor Anda, rantai sepeda motor Anda akan cepat kering dan kendor.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membersihkan  rantai sebagai pelumas agar rantai tetap mengkilap, tidak kering dan tidak berkarat, yang dapat dibersihkan dengan beberapa cara.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengetahui jenis rantai sepeda motor terlebih dahulu, baru kemudian kamu dapat mengetahui cara membersihkan rantai sepeda motor yang benar.

Kemudian harus memposisikan motor dengan penyangga tengah, dan kemudian memeriksa rantai dan sproket dari keausan.

Pemeriksaan dilakukan dengan menggoyangkannya ke kiri dan ke kanan dan  menariknya kembali. Di sini Feders dapat menentukan apakah komponen tersebut longgar.

Sprocket gear yang aus bisa dilihat dari mata gear yang menajam. Setelah dicek dan diperbaiki, maka proses pembersihan rantai bisa langsung dilakukan.

Kegiatan melumasi rantai juga penting agar kondisi rantai tidak kering. Jangan sesekali menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai ya.

Oli bekas yang kotor akan mudah merusak mesin motor karena mengandung debu dan kotoran yang menempel pada komponen motor sebelumnya.

Selanjutnya untuk membersihkan sela-sela rantai dan mata rantai, maka perlu menggunakan kuas atau sikat gigi berukuran kecil atau yang pas.

Hal tersebut akan memudahkan dalam membersihkan kotoran yang sulit dijangkau. Jika permukaan rantai masih kotor, maka Anda bisa membersihkannya dengan bensin.

Cara membersihkan rantai motor dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang aman dan memang ampuh saat diaplikasikan.

Contohnya yaitu cairan penetran, minyak tanah, hingga sabun cuci piring. Bahan lainnya yang bisa digunakan yaitu bensin, sikat gigi, dan kuas.

Pertama, posisikan motor Anda pada standar tengah. Kemudian oleskan bensin pada permukaan rantai untuk merontokkan kerak dan kotoran pada rantai dan gear. Fungsi pengolesan bensin pada permukaan rantai ini hanya sebagai pembersih pertama, dan selanjutnya perlu dibersihkan kembali.

Pembersihan dilakukan dengan menyemprotkan cairan penetran atau minyak tanah atau sabun cuci piring ke permukaan rantai dan diamkan sesaat. Setelah itu, gosok rantai dengan sikat gigi bekas secara perlahan hingga kotoran dan sisa oli pada rantai tersebut hilang.

Selanjutnya, lakukan penyemprotan kembali untuk lebih membersihkan rantai. Kotoran pada rantai dan gear akan rontok jika dibersihkan berulang kali. Jika sudah bersih, keringkan rantai dengan kain kering. Lalu lumasi rantai motor dengan cairan chain lube dengan disemprotkan di mata gear dan rantai motor.(federaloil.co.id)

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk