DETAIL NEWS

Cara Jitu Melibas Tanjakan Pakai Motor Kopling

Date : 30 September 2020 , Post Via : Admin, Views : 1395

Cara Jitu Melibas Tanjakan Pakai Motor Kopling

Feders-Sepeda motor manual atau yang masih menggunakan kopling sampai saat ini masih banyak diminati oleh masyarakat, Dibandingkan motor matic, jenis kendaraan roda dua yang satu ini memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah perawatannya yang lebih mudah sekaligus murah jika dilihat dari biaya service-nya.

Motor kopling juga menawarkan kemudahan dalam melakukan engine brake atau teknik memperlambat kecepatan laju kendaraan dengan menurunkan tenaga mesin. Yang mana teknik ini akan sangat membantu saat Anda harus melewati tanjakan maupun turunan.

Untuk melintasi tanjakan terdapat teknik khusus yang harus kamu terapkan. Jika tidak, motor kamu bisa saja mengalami mogok saat digunakan berkendara di jalanan yang menanjak.

Supaya kamu tidak mengalami hal serupa, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba saat kamu mengendarai motor di tanjakan.

1. Pindahkan Transmisi
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mempertahankan kestabilan laju motor supaya motor kamu dapat dengan mudah melibas tanjakan, jangan sampai menggunakan gigi transmisi lebih dari 3. Karena semakin tinggi gigi yang digunakan untuk melaju, maka semakin berat bagi kendaraan untuk menanjak jalanan tersebut.

Biasanya, gigi persneling yang direkomendasikan untuk melibas tanjakan berkisar di angka 2 maupun 3. Namun, jika masih terasa berat, kamu bisa menurunkannya hingga ke gigi 1.

2. Jangan Tambah Gigi saat motor sudah menanjak
Kamu mungkin berpikir kalau menggunakan gigi yang tinggi untuk menanjak adalah pilihan yang tepat. Padahal ini malah berlaku sebaliknya. 

Menaikkan gigi saat motor sudah berada di tengah-tengah tanjakan sangat tidak direkomendasikan. Karena selain dapat membuat kendaraan berat, alih-alih motor bergerak maju malah bisa saja mogok dan alhasil motor bisa pun tergelincir mundur.

3. Perhatikan teknik pengereman
Hindari menggunakan rem tangan yang berfungsi untuk menghentikan laju ban depan. Sebagai gantinya, kamubisa menggunakan teknik pengereman ban belakang untuk menghentikan motor saat berada di tengah-tengah tanjakan. Rem belakang berfungsi untuk menahan motor agar tidak berjalan mundur atau tergelincir.

4. Jangan mendahului kendaraan lain
Saat melintasi jalanan menanjak, perlu diketahui bahwa terdapat blind spot di ujung tanjakan sehingga kamu tidak bisa melihat kedatangan kendaraan lain dari arah yang berlawanan. 



contoh bottom frame
x