DETAIL NEWS

Cara Mengatasi Jika Rem Cakram Macet Atau Seret

Date : 28 November 2020 , Post Via : Admin, Views : 1001

Cara Mengatasi Jika Rem Cakram Macet Atau Seret

Feders-Salah satu bagian  terpenting dari kendaraan motor  adalah rem. Pada masa kini, rem jenis cakram motor merupakan jenis rem yang banyak digunakan. 

Hal tersebut dikarenakan rem cakram mempunyai daya fungsi yang lebih efektif dibandingkan dengan rem biasa atau rem jenis tromol.

Kegunaan rem bagi kendaraan bermotor memang sangat penting, karena alat ini yang digunakan untuk menahan atau menghentikan laju kendaraan. 

Tetapi bagaimana kalau alat ini mengalami gangguan, seperti seret atau macet? Tentunya keadaan ini bisa berakibat fatal bila tidak segera diperbaiki.

Cara Mengatasi Rem Macet
Untuk mengatasi rem cakram motor yang macet, sebenarnya tidak terlalu sulit. Tetapi memang diperlukan ketelitian dan kesabaran, karena ada beberapa bagian yang harus dibuka dan dilepas.

Alat yang digunakan untuk membersihkan juga mudah didapatkan. Cukup menggunakan sabun cair, sikat gigi, dan pelumas.

Tetapi untuk membersihkan rem yang macet, sebaiknya diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu, pembersihan dan penanganannya bisa lebih tepat. Cara mengatasi rem macet sendiri secara umum diantaranya sebagai berikut.

Rem Macet Karena Kotoran
Rem macet yang disebabkan karena kotoran atau debu, cara mengatasinya adalah dengan membersihkan kotoran tersebut. 

Kotoran biasanya menempel pada master rem motor, maka bagian tersebut yang harus dibersihkan. Cara membersihkannya adalah

Buka kaliper pada piringan cakram dengan kunci L. Lepas kaliper tersebut.Semprot bagian celah piston kecil dan komet master rem hingga bersih. 



contoh bottom frame
x