Oli motor terbaik dan spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Cara Menghitung Rasio Kompresi Mesin, Begini Rumusnya

Date : 31 Agustus 2019 , Post Via : Admin, Views : 938

Cara Menghitung Rasio Kompresi Mesin, Begini Rumusnya

Feders-Buat kamu yang senang melakukan modifikasi sepeda motor khususnya mesin, tentu sudah mengetahu istilah rasio kompresi.

Tapi apakah kamu Sudah tahu bagaimana cara menghitung rasio kompresi mesin motor ? Yuk simak caranya.

Cara menghitung rasio kompresi (r) adalah volume ruang bakar (Vr) + volume silinder (Vs) kemudian dibagi volume ruang bakar (Vr). Jika ditulis dalam rumus sebagai berikut :

Vr + Vs
---------- = r
     Vr

Untuk menghitung rasio kompresi, anda terlebih dahulu harus mengetahui volume silinder (Vs) dan volume ruang bakar (Vr). Cara untuk mengetahui volume ruang bakar adalah dengan cara mengisi ruang bakar dengan cairan. Posisi seher di atas sementara klep hisap dan buang harus dalam keadaan tertutup.

Kemudian masukan cairan dari lubang busi. Gunakan suntikan untuk mengetahui berapa cc cairan yang bisa dimasukan. Contoh Vr = 15 cc.

Kita ambil contoh untuk motor yang berkapasitas 150 cc. maka rasio kompresinya adalah 9,3 : 1.

15 + 125
----------- = 9,3
     15

Meningkatkan kapasitasnya jelas membuat kinerja mesin jadi lebih ekstra. Untuk itu, anda harus lebih rajin dalam melakukan perawatan mesin. Salah satu yang wajib adalah penggantian oli sepeda motor.

Jika seperti ini, durasi penggantian oli sepeda motor harus lebih rajin. Misalnya : sebelumnya anda selalu mengganti sebulan sekali, jika kondisi mesin sudah seperti ini baiknya mengganti oli baru paling tidak setiap dua minggu.

Ingat pilih oli sepeda motor yang tepat dan berkualitas. Dan, jangan lupa gunakan Federal Oil yang telah teruji dan terbukti menjaga mesin sepeda motor dengan baik.



x