DETAIL NEWS

Cara Menjaga Stamina Tubuh Supaya tetap Sehat Selama Perjalanan Mudik dan Balik Lebaran 2022

Date : 02 Mei 2022 , Post Via : Tim Konten, Views : 569

Cara Menjaga Stamina Tubuh Supaya tetap Sehat Selama Perjalanan Mudik dan Balik Lebaran 2022

Pada lebaran hari Raya Idul Fitri 1443 H, masyarakat sudah boleh mudik. Mudik menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia yang hendak pulang kampun dari perantauan.

Selama melakukan perjalanan mudik baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, kita perlu menjaga stamina tubuh supaya bisa menjaga konsentrasi.

Berikut ini kita menjaga supaya tubuh tetap sehat selama mudik dan balik lebaran 2022.

1. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi
Sebelum mudik, Anda dan keluarga perlu mengonsumsi makanan sehat bernutrisi secara teratur. Tak hanya membuat tubuh lebih bertenaga selama perjalanan mudik, mengonsumsi makanan bergizi juga penting dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Beberapa jenis nutrisi yang perlu Anda cukupi asupannya adalah protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini bisa Anda peroleh dari berbagai jenis makanan bergizi, mulai dari buah, sayur, daging, ikan, telur, hingga kacang-kacangan.

2. Banyak Minum Air Putih
Saat mudik, Anda mungkin berusaha menghindari banyak minum karena takut akan sering buang air kecil selama perjalanan. Padahal, jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi, Anda bisa mudah merasa lelah, mengantuk, dan kehilangan konsentrasi.

Kondisi ini tentu saja bisa membahayakan keselamatan Anda dan keluarga, terlebih bila Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan mudik.

Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Selain air putih, minuman sehat lain, seperti jus buah, juga bisa membantu mencukupi asupan cairan sekaligus nutrisi penting bagi tubuh saat mudik.

3. Mencukupi Waktu Tidur dan Istirahat
Cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat saat mudik yang juga perlu Anda lakukan adalah tidur atau beristirahat yang cukup, terutama sebelum melakukan perjalanan.

Dengan mencukupi waktu tidur, Anda dan keluarga tidak akan mudah terserang penyakit selama perjalanan mudik. Selain itu, risiko terjadinya kecelakaan akibat berkendara dalam kondisi mengantuk dan lelah karena kurang tidur pun dapat dihindari.



contoh bottom frame
x