DETAIL NEWS

Cara Merawat Busi sepeda Motor

Date : 01 November 2020 , Post Via : Admin, Views : 3003

Cara Merawat Busi sepeda Motor

Feders-Busi motor adalah salah satu komponen paling penting pada pengapian di kendaraan bermotor. Fungsi busi motor yaitu untuk memberikan bunga api sebagai media pembakaran pada kendaraan motor. 

Nah karena busi motor merupakan komponen yang sangat penting dan vital pakai motor, tentu saja busi motor perawatan tersendiri agar bisa awet dan tidak terjadi masalah saat digunakan. 

Berikut adalah cara melakukan perawatan pada busi motor.

Mengecek Ketebalan kerak di kepala busi motor
Cara melakukan perawatan pada busi motor yang pertama adalah dengan mengecek bagian kerak yang ada pada kepala busi motor. 

Kerak yang ada di bagian kepala busi ini dapat dijadikan indikasi apakah busi motor masih layak digunakan atau tidak. 

Jika kerak pada bagian kepala busi sudah banyak, tentu saja kemampuan dari busi motor akan menurun dan juga tegangan yang dihasilkan oleh koil juga akan berkurang. Untuk itu lakukan pengecekan ketebalan kerak di kepala busi secara berkala.

Jangan Membersihkan kepala busi motor dengan amplas
Setelah kita tahu ketebalan dari kerak yang menempel di kepala busi, maka langkah berikutnya adalah kita harus membersihkan kerak yang menempel pada kepala busi motor tersebut. 

Namun membersihkan kepala busi motor ini kita tidak boleh memakai amplas. Kenapa demikian? kita tidak boleh menggunakan amplas karena sifat dari amplas yang abrasif, sama seperti material dari kepala busi yang juga bersifat abrasif. Jika keduanya bertemu maka bisa membuat kepala busi jadi terkikis.

Mengecek Kerapatan Kepala Busi Motor
Langkah terakhir untuk merawat busi adalah dengan melakukan pengecekan kerapatan kepala busi motor. Ada baiknya kita melakukan pengecekan kerapatan kepala busi motor ini sama waktunya ketika kita melakukan pergantian oli.

Busi motor merupakan komponen yang dirancang agar bisa mengekstraksi kerja maksimum dari mesin sepanjang jangkauannya. Nah karena itu busi pasti juga memiliki rentang waktu pemakaian atau biasa disebut dengan life time.

Jika sudah waktunya ganti maka hal ini tidak bisa kita hindari, ini artinya kita harus melakukan pergantian pada busi motor. 

Biasanya waktu yang tepat untuk melakukan penggantian busi motor adalah ketika kita mengganti oli mesin.(Federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x