DETAIL NEWS

Cara Merawat Selang Rem Supaya Tidak Mudah Rusak

Date : 08 November 2020 , Post Via : Admin, Views : 1450

Cara Merawat Selang Rem Supaya Tidak Mudah Rusak

Feders-Selang rem merupakan salah satu komponen penting dari sistem pengereman yang juga harus dijaga dengan baik sehingga fungsi rem pun tidak terganggu.

Rem adalah bagian paling krusial dalam kendaraan bermotor. Jika tidak ada rem, motor yang kamu gunakan bisa mengalami kerusakan hingga berakibat pada kecelakaan. Pada rem, terdapat sebuah bagian yang juga tidak kalah penting yakni selang rem.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kerusakan rem.

Melakukan Pemeriksaan Rutin pada Selang Rem
Bagian krusial satu ini memang tidak boleh sampai lepas dari pengawasan Anda. Kamu harus selalu mengecek kondisi selang untuk menghindari adanya kebocoran, retak, rusak, ataupun aus.

Cara pengecekannya cukup mudah untuk dilakukan, kamu hanya perlu meletakkan sepeda motor dalam keadaan tegak lurus dengan bagian kemudi. 

Kemudian periksan ketinggian cairan rem. Jika dibawah garis batas, Anda bisa menambah cairan rem sampai sesuai spesifikasi.

Jarak Main Tuas
Tahukah kamu bahwa main tuas pada rem juga memiliki jarak tertentu? Jarak inilah yang harus Anda jaga. Kamu bisa menyetel jarak main tuas rem dengan cara memutar bagian mur pada rem hingga pada jarak 15 sampai 25 mm.

Cairan Rem
Selang pada rem mengandalkan cairan untuk pengoperasiannya. Tanpa adanya cairan ini, selang tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Sebaiknya, periksa cairan setiap menyentuh selisih 2.500 km. Untuk selangnya, sebaiknya ganti setiap 4 tahun sekali.

Penggunaan Kanvas Rem
Sepeda motor dilengkapi dengan indikator yang bisa menunjukkan batas pemakaian kanvas rem. Kamu perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan hal ini agar rem dapat tetap berfungsi dengan lebih optimal lagi.



contoh bottom frame
x