DETAIL NEWS

Cara Mudah Merawat Rem Cakram Motor

Date : 25 September 2020 , Post Via : Admin, Views : 5024

Cara Mudah Merawat Rem Cakram Motor

Feders-Saat ini hampir semua sepeda motor menggunakan rem cakaram. Peranti pengereman yang satu ini punya beberapa keunggulan. 

Tidak cuma dikenal memiliki daya melepas panas yang lebih baik dari rem tromol, karena sifatnya yang terbuka, peranti pengereman piringan cakram juga lebih pakem.

Walaupun begitu, sama dengan peranti pengereman tromol, jika tidak dirawat, beberapa masalah pengereman, seperti tidak pakem, juga bisa muncul. 

Karena itulah para pemilik sepeda motor yang sudah memakai rem cakram sangat disarankan untuk melakukan perawatan rutin peranti sistem pengereman tersebut.

Apa saja langkah yang harus dilakukan? Berikut adalah panduannya.

Rutin mengecek dan mengganti minyak rem
Minyak rem sangat penting untuk kinerja rem cakram agar maksimal. Kinerja rem cakram sangat mengandalkan piston yang ada pada master rem. 

Master rem fungsinya menggerakan kaliper untuk mencengkeram piringan cakram, ketika pengendara motor menarik tuas rem. 

Nah, lancar tidaknya piston dalam menjalankan fungsinya ini bergantung pada pompa hidraulik yang bekerja mengalirkan minyak rem.

Kalau saluran minyak tersumbat karena minyak kotor atau minyak sudah terlalu encer karena tercemar oleh bakteri atau zat lain yang bersenyawa dengan minyak, maka kinerja piston pasti akan terganggu. 

Karena itulah, sangat disarankan untuk rutin mengecek dan mengganti minyak rem. Minimal setahun sekali diganti. Paling lama dua tahun sekali dan jangan lebih dari itu kalau kamu ingin selalu mendapatkan performa rem yang maksimal.



contoh bottom frame
x