DETAIL NEWS

Cara Perawatan Velg Motor Supaya Awet

Date : 26 Desember 2020 , Post Via : Admin, Views : 1840

 Cara Perawatan Velg Motor Supaya Awet

Feders-Sepeda motor baru maupun pelek motor yang baru di press, selanjutnya perlu dirawat secara teratur. Tidak lain tujuannya adalah agar ketahanan pelek tetap terjaga. Nah, beberapa cara perawatannya adalah sebagai berikut.

Merawat Ban
Ban sebagai komponen yang melekat bersama pelek perlu dirawat. Ban ini tentu saja bisa mempengaruhi pelek itu sendiri. Caranya, Anda perlu mengatur jumlah tekanan udara ban setiap kurun waktu tertentu, terutama ketika akan berkendara.

Ketahanan ban ini dapat diukur dengan tekanan udara ban yang stabil, tidak kempes, dan tidak terlalu keras. Saat berhadapan dengan jalan berlubang, ban yang terlalu keras akan mengalihkan tumpuannya pada velg. Alhasil, velg bisa saja langsung peyang.

Nah, ketika dalam kondisi kempes, ban motor bisa langsung bocor atau pecah. Apalagi jika menghantam lubang dengan kecepatan yang tinggi, ini akan mengakibatkan velg motor menjadi peyang.

Baca Juga: Usai Terobos Banjir, Lakukan Hal Berikut Ini

Selain itu, Anda bisa berkonsultasi dengan bengkel motor terdekat terkait dengan cara merawat ban.

Demikian juga baik saat mengganti maupun menambal ban, perlu teknik yang tepat agar cat velg yang cantik tidak tergores.

Cara Berkendara Bisa Mempengaruhi Usia Velg
Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah cara Anda dalam berkendara. Meskipun velg baru atau baru saja di press, ketika cara berkendara ugal-ugalan, velg akan cepat peyang. Fokuslah dalam berkendara dan sebisa mungkin menghindari jalan berlubang.

Velg sangat rentan terhadap jalan berlubang, apalagi jika sampai terjadi benturan. Ketika velg bengkok dan peyang, Anda sendiri yang harus mengeluarkan dana perbaikan bukan? Untuk itu, berkendara secara santun perlu terus dilestarikan.

Melakukan Pengecatan Velg
Melihat kondisi pelek yang mulai usang, Anda tentu tidak ingin membiarkannya berlama-lama dengan kondisi tersebut. Langkah yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengecat velg agar terlihat menarik kembali. Pengecatan dengan bahan sederhana dapat menghemat pengeluaran Anda.

Selain mengecat sendiri, Anda juga bisa juga melakukan pengecatannya di bengkel Suzuki untuk hasil dan tampilan velg yang lebih maksimal.

Baca Juga: Masih Pakai Motor Karburator ? Rajin Periksa Dan Ketahui Penyakit Karburator

Menggunakan Velg Sesuai Ukuran Ban
Lagi-lagi, ban begitu mempengaruhi velg. Dalam hal ini, pastikan Anda menggunakan ukuran ban yang sesuai dengan velg dan sebaliknya. Pastikan velg ukurannya lebih besar daripada ban. Sebab, jika ban yang lebih besar, hal ini bisa mengurangi putaran roda pada mesin motor.

Terakhir, lakukan perawatan mencuci kendaraan secara rutin. Hal ini terbukti menjaga performa sepeda motor Anda. Selain itu, Anda pun akan percaya diri ketika berkendara dengan motor yang bersih mengkilap.

Press velg motor dapat dilakukan untuk memperbaiki bentuk velg. Namun, cara ini tidak berlaku untuk velg racing yang mudah peyang. Jika ingin di press, velg racing wajib mendapatkan perlakuan ekstra hati-hati.

Selain itu, terdapat cara perawatan velg untuk menjaga ketahanan bahan velg. Dalam hal ini, Anda bisa menerapkan pola perawatan rutin terhadap ban, hingga rajin melakukan pencucian sepeda motor.(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x