DETAIL NEWS

Cara Supaya Klakson Motor Tidak Cepat Rusak

Date : 02 Desember 2020 , Post Via : Admin, Views : 814

Cara Supaya Klakson Motor Tidak Cepat Rusak

Feders-Kondisi klakson memang dapat menurun dan hal tersebut tidak dapat dihindari. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperpanjang kemampuan maksimal klakson sehingga tidak mudah soak dan tetap nyaring.

Cara tersebut umumnya dapat dilakukan dengan mudah. Berikut beberapa tips agar klakson tidak cepat soak sehingga performanya dapat dinikmati lebih lama:

Menghindarkan Klakson Dari Air Yang Bertekanan
Mencuci motor adalah kegiatan yang terbilang cukup rutin dilakukan banyak pemiliknya untuk menjaga kebersihan motor. 

Tips yang mungkin dapat dilakukan ketika ingin menjaga klakson tetap nyaring adalah menghindarkannya dari air yang bertekanan tinggi ketika mencuci,

Air yang bertekanan tinggi dapat memungkinkan air tersebut masuk ke bagian klakson yang sulit dikeringkan. Selain itu, tekanan dari air dapat menimbulkan benturan yang bersifat merusak pada komponen yang mendukung nyalanya klakson.

Jaga Kebersihan Klakson
Salah satu penyebab klakson motor bersuara tidak nyaring atau soak adalah diakibatkan oleh karat. Keberadaan karat yang terdapat di konektor dapat disebabkan karena konektor yang basah dan tidak kering secara maksimal setelah pencucian.

Selain itu, tidak mampunya konektor menyalurkan arus listrik dari penyuplai juga disebabkan oleh debu. Entah kendaraan diam saja di rumah maupun dibawa untuk bepergian, debu pasti tetap hinggap pada bagian tertentu kendaraan, salah satunya konektor klakson yang dapat dibilang cukup sulit dibersihkan.

Pembersihan konektor ini biasanya dilakukan dengan menggunakan cairan penetran atau contact cleaner. Fungsinya adalah membersihkan debu dan karat yang kemungkinan tersangkut di kabel konektornya. Hal ini tentu saja lebih baik dilakukan oleh ahli di bengkel resmi.

Servis Motor Secara Berkala
Mengingat ada beberapa penyebab suara klakson tidak nyaring, perlu dilakukan service motor menyeluruh secara berkala. Tujuannya adalah menghindari kerusakan berat yang mungkin terjadi bila tidak segera ditangani.

Ketika dilakukan servis, tentu akan ada pemeriksaan komponen motor. Bila ada komponen yang perlu diganti, akan lebih mudah diketahui dan sebaiknya segera diganti.



contoh bottom frame
x