DETAIL NEWS

CVT Berisik, Mungkin Penyebabnya Dari Part Ini

Date : 18 April 2020 , Post Via : Admin, Views : 2937

CVT Berisik, Mungkin Penyebabnya Dari Part Ini

Suara berisik yang muncul di area CVT pasti sering kali dialami pemilik sepeda motor matic alias skutik. Apa penyebabnya?

Bunyi yang ada diarea CVT menandakan kalau ada bagian atau part di dalam CVT yang tidak beres. Inilah yang menyebabkan CVT berbunyi. Untuk itu, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan terhadap beberapa item di dalamnya.

Jika menemukan kondisi seperti ini, biasanya karet v-belt sudah mulai aus. Beigut juga dengan kondisi roller, grease atau gemuk CVT yang sudah kering dan rumah CVT yang kotor. Untuk itu, harus dilakukan pengecekan satu per satu.

Maka,bongkarlah CVT dan cek part tersebut. Periksa kondisi roller apakah masih dalam keadaan bagus. Selanjutnya, periksa v-belt dalam keadaan terbalik dan periksa setiap lekukannya. Adanya retakan berpotensi membuat v-belt putus.

Terakhir, memeriksa grease yang melumasi CVT. Pasanas berlebih disini membuat CVT lebih cepat kering. Unytuk itu, segera lumasi dengan grease baru. Tapi ingat, grease yang digunakan harus khusus untuk CVT.

CVT bekerja keras ketika pengguna skutik menemui kondisi jalan tanjakan atau macet. Disini skutik akan memanfaatkan putaran mesin untuk bisa menahan motor agar tidak mundur. Efeknya, CVT bekerja keras dan riskan mengalami keausan.



contoh bottom frame
x