Beranda / Berita / Gonta-ganti Bensin

Efek Buruk Gonta-Ganti Oktan Bensin Untuk Sepeda Motor

Tanggal : , Penulis : Tim Konten

Efek Buruk Gonta-Ganti Oktan Bensin Untuk Sepeda Motor

 

Federal Oil - Kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu membuat banyak pengendara yang tadinya menggunakan bensin dengan oktan tinggi malah turun ke oktan yang lebih rendah.

Tidak sedikit pula yang melakukan pencampuran bahan bakar oktan tinggi dengan oktan rendah guna mensiasati harga dari bahan bakar itu sendiri.

Isnanto Adi, dari bengkel CMS di bilangan Ciledug mengatakan bahwa pencampuran bahan bakar bensin untuk motor menggunakan oktan rendah dengan oktan tinggi atau sebaliknya itu sebenarnya tidak baik.

"Tidak dianjurkan, karena oktan yang berbeda tidak membuat mesin juga lebih irit, malah terkadang ada kotoran yang tercampur" katanya lagi.

Namun hal ini juga sering ia temui ketika sedang melakukan pengisian bensin motornya, biasanya adalah karena antrian yang tidak terlalu panjang di salah satu pompa bensin.

"Efeknya bisa bermacam-macam, namun efek positifnya tidak terlalu signifikan jika dilihat dalam jangka panjang" lanjutnya.

Pembakaran juga jadi tidak sempurna karena adanya perbedaan oktan yang digunakan, maka performa sepeda motor yang digunakan juga tidak akan maksimal.

"Bahkan mesin bisa menggelitik jika digunakan dalam jangka panjang" tutupnya.

(federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

Alex Marquez & Fabio Di
24 September 2023

Alex Marquez & Fabio Di

x Check if your product is genuine