Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Elektric Starter Tidak Berfungsi, Belum Tentu Aki Soak

Date : 27 April 2020 , Post Via : Admin, Views : 321

Elektric Starter Tidak Berfungsi, Belum Tentu Aki Soak

Feders-Mungkin hanya motor-motor jadul atau keluaran lama saja yang tidak dilengkapi dengan electric starter atau penghidup motor secara otomatis, namun sekarang ini sudah tidak ada lagi motor yang tidak dilengkapi dengan bagian tersebut. 

Electric starter sendiri memiliki fungsi yang dirasa penting karena dapat memudahkan pengendara motor untuk menghidupkan kendaraan selain dengan menggunakan kickstarter atau engkol.

Hanya saja, terkadang ada keadaan di mana electric starter tersebut tidak dapat berfungsi secara optimal alias mati dan kebanyakan orang akan mengira bahwa permasalahan itu berasal dari aki yang mulai aus.
 
Walaupun ada benarnya, namun tidak selalu electric starter mati disebabkan oleh aki yang sudah rusak atau waktunya ganti.

Berikut ini adalah beberapa komponen pada motor yang dapat menyebabkan tombol electric starter tidak dapat berfungsi maksimal selain disebabkan oleh aki.

Sekring putus
Sekring atau fuse yang terdapat pada motor juga dapat menjadi penyebab electric starter ngadat. Fuse sendiri bertugas dengan memanfaatkan kawat tipis untuk menjadi indikator munculnya aliran listrik berlebih.

Ketika ada aliran listrik besar, maka kawat tersebut akan terputus secara otomatis. Ketika kawat pada fuse putus, maka rangkaian kelistirkan menuju starter juga terkendala.

Switch starter bermasalah
Hampir sama dengan fungsi fuse, switch starter atau bendik juga berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik.



contoh bottom frame
x