DETAIL NEWS

Geopark Ciletuh Jadi referensi Tujuan Touring Akhir Pekan

Date : 13 November 2020 , Post Via : Admin, Views : 1844

Geopark Ciletuh Jadi referensi Tujuan Touring Akhir Pekan

Feders-Masih menikmati cuti lebaran ? punya rencana touring bersama komunitas kamu, datang saja ke Geopark Ciletuh lokasinya tidak jauh dari Jakarta.

Destinasi wisata di Geopark Ciletuh memang menunjukkan pesona alam yang istimewa, yang membuat ungkapan bahwa “Indonesia adalah cuilan surga di bumi”

Geopark Ciletuh dapat dijangkau dari Jakarta dengan 7-8 jam berkendara. Arealnya sangat luas, apalagi dengan perluasannya sekarang menjadi Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang mencakup 8 kecamatan.

Lanskap Geo Park Ciletuh emang lengkap banget. Dalam satu tempat terdapat pantai, bukit, air terjun, sawah dan sungai. Ini karakter daratan yang ada di sepanjang garis pantai Banten dari Ujung Kulon hingga Teluk Ciletuh.

Untuk bisa menuju ke Geopark Ciletuh kini bisa melalui jalur baru, rute baru Geopark Ciletuh via Cikidang hanya memiliki jarak sekitar 33 km saja. Waktu tempuh yang semula mencapai 6,5 jam, kini cukup ditempuh dalam empat jam saja.

Rute baru Geopark Ciletuh tersebut terbentang mulai Simpang Loji di Jalan Pelabuhan Ratu hingga melewati Muara Cisaar di Kecamatan Ciemas. 

Bagi wisatawan yang datang dari arah Jakarta bisa melalui Tol Jagorawi dan keluar di pintu Ciawi, Bogor. Seteah keluar, arahkan kendaraan ke Sukabumi.

Wisatawan yang datang dari arah Jakarta maupun Bogor pasti akan melewati Jalan Benda. Dari sini, arahkan kendaraan ke Jalan Parungkuda di Jalan Raya Sukaraja-Sukabumi hingga pertigaan Pamuruyan. Di sini wisatawan bisa memilih dua jalur.

Jalur pertama adalah jalur Cikidang, dengan kelokan tajam di sisi perbukitan dan jurang. Jalur ini memang lebih pendek dan bisa memangkas waktu perjalanan hingga 1,5 jam. Namun Anda harus berhati-hati dengan kondisi jalannya.

Jalur kedua adalah jalur Cibadak yang lebih aman dan ramai. Jalur Cibadak ini lebih landai, meski sama-sama berkelok.



contoh bottom frame
x