DETAIL NEWS

Ini Pentingnya Balaclava Ketika Berkendara, Bisa Cegah Polusi!

Date : 21 Juni 2022 , Post Via : Tim Konten, Views : 475

Ini Pentingnya Balaclava Ketika Berkendara, Bisa Cegah Polusi!

Federaloil - Sebagai bikers pasti punya perlengkapan riding yang satu ini. Yup Balaclava, tapi tahukah fungsi sebenarnya dari piranti apparel sederhana ini?

Menurut sejarah, balaclava pertama kali digunakan oleh tentara Inggris untuk melindungi pasukannya dari udara dingin baik ketika berperang maupun ketika latihan di musim dingin  

Penggunaannya pun berkembang seiring perkembangan zaman, salah satunya di ajang Formula 1.

Di ajang balap jet darat itu blaclava digunakan sebagai pelindung dari panasnya api akibat kecelakaan.

Tak heran jika ada balaclava yang menggunakan material yang tahan api.

Seiring kebutuhan para pengendara ketika digunakan sebagai pelindung, bahan balaclava dibuat lebih sederhana dan lebih murah, hingga mudah didapatkan lantaran harganya yang murah.

Selain itu balaclava juga banyak diaplikasi pada pengendara motor, tentunya untuk memberikan perlindungan bikers dari polusi udara yang semakin buruk.

Karena meskipun tipis, namun bahan dari balaclava bisa menyaring polusi yang ada di jalanan, sehingga pengendara tidak menghirup langsung polusi selama perjalanan.

Namun, sebenarnya terdapat fungsi lain yang tak disadari oleh para pengendara sepeda motor, yakni untuk memudahkan ketika ingin melepaskan helm.

Seperti dikutip dari otosia.com menurut Eric Saputra selaku pimpinan Cargloss Racetech RSS Mandiri Private Racing Team, fungsi tersebut menjadi alasan penggunaan balaclava di balap motor.

Oleh karena itu pemilihan balaclava yang tepat menjadi sangat penting.

Lebih baik pilih balaclava yang tidak ada busanya, soalnya kalau di balap jadi sulit bernapas dan membuat ada gap (celah) lagi dengan helm.

Balaclava yang benar itu yang tipis banget dan buat kepala saja, agar gampang release (melepaskan) helm kalau terjadi kecelakaan," jelas Eric.

Jangan lupa juga, untuk rutin mencuci balaclava agar tetap nyaman selama digunakan.

contoh bottom frame
x