DETAIL NEWS

Ini Penyebab Suara Knalpot Meledak-Ledak

Date : 07 Agustus 2021 , Post Via : Admin, Views : 678

Ini Penyebab Suara Knalpot Meledak-Ledak

Kenali penyebabnya, jika knalpot yang meledak-ledak knalpot racing tentu itu wajar, tapi kalau standar pabrikan, perlu diwaspadai.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan suara ledakan muncul dari knalpot motor. Maka dari itu penting bagi pemiiik motor untuk memeriksa dan mengetahui penyebab masalahnya.

1. Tutup Choke yang Terbuka
Jika anda sering lupa menutup kembali choke yang sebelumnya telah dibuka, faktor ini menyebabkan aliran bensin yang masuk ke ruang bakar cukup banyak. Alhasil, proses pembakaran pun terjadi dengan tidak sempurna.

Dampaknya saat Anda menarik tuas gas akan menimbulkan bunyi seperti letupan seakan knalpot motor meledak. Jika sudah mengalami hal ini, perlahan performa motor akan menurun dan bahkan bisa mogok.

2. Busi Bermasalah
Faktor lainnya adalah busi motor yang mengalami masalah. Busi sendiri bertugas untuk memantik api dalam proses pembakaran, jika busi tidak bekerja secara maksimal akhirnya dapat menimbulkan masalah.

Salah satunya adalah knalpot motor meledak saat motor dikendarai. Penyebab ini karena busi tidak bekerja secara maksimal akibat sudah berkerak atau kotor. Selain itu bisa juga disebabkan masa pakai busi yang sudah habis, sehingga kinerjanya tidak lagi maksimal.

3. Saluran Udara yang Terkendala
Penyebab knalpot motor sering mengeluarkan suara ledakan bisa jadi diakibatkan saluran udara ke mesin yang terkendala. Soalnya udara sangat diperlukan dalam proses pembakaran, jika kapasitas udara yang masuk tak sesuai tentu akan berpengaruh ke hasil pembakarannya.

Anda bisa mendeteksinya lewat suara ledakan yang terjadi saat RPM kendaraan rendah. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan secara rutin bagian karburator dan sekitarnya.

4. Karburator Aus
Faktor selanjutnya bisa terjadi akibat karburator yang sudah aus. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kemampuan buka tutup klep pada bagian karburator yang berbahan karet.

Karena terbuat dari karet, komponen ini dapat mengeras jika terlalu lama bersentuhan dengan bahan bakar. Perlahan karet akan menjadi aus dan tidak bisa digunakan. Solusinya anda bisa menggantinya dengan yang baru dan tersedia pada sejumlah toko.



contoh bottom frame
x