Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Ini Perbedaan Oli Motor Matic Dan Manual

Date : 29 Desember 2020 , Post Via : Admin, Views : 374

Ini Perbedaan Oli Motor Matic Dan Manual

Feders-Antara motor matic dan manual perbedaannya tidak hanya dalam hal pengoperasiannya saja, tapi untuk perawatan juga punya perbedaan, terutama dalam hal penggunaan oli mesinnya.

Perbedaan oli motor matic dan manual bukan cuma pada tingkat kekentalannya saja Feders, tapi juga fungsinya berbeda.

Oli motpor matic ada yang namanya automatic transmision fluid (ATF) yang berfungsi sebagai pelumas dan juga penghantar dalam  hal mekanisme perpindahan transmisi.

Baca Juga: Dampak Jika Mesin Motor Berkerak Dibiarkan Saja

Sedangkan oli untuk sepeda motor transmisi manual hanya untuk melumasi mesin, sedangkan oli untuk motor matic juga berfungsi untuk melumasi perpindahan gigi transmisi.

Perbedaan lain juga bisa dilihat dari penggunaan kode  Japanese Automotive Standar Association (JASO). Untuk sepeda motor matic ditandai menggunakan kode JASO MB yang menunjukkan adanya kandungan molybdenium atau zat aditiv 'friction modifier' untuk menambah tingkat pelumasan oli sehingga dapat meningkatkan performa motor matic.

Sedangkan untuk motor manual ditandai dengan kode JASO MA, yang memiliki kandungan zat aditiv senyawa dengan kampas kopling. Hal itu dimaksudkan agar kopling tidak mudah selip dan meningkatkan daya gesekan di kopling.



contoh bottom frame
x