Inilah Istilah-istilah di MotoGP yang Harus Kamu Ketahui

Tanggal : 05 Oktober 2022 , Penulis : Tim Konten

Inilah Istilah-istilah di MotoGP yang Harus Kamu Ketahui

Istilah-istilah MotoGP yang umum diketahui seperti paddock, grid, braking point, hingga race pace, sudah cukup sering didengar. Lalu, apa saja arti istilah-istilah MotoGP tersebut? 

Berikut beberapa istilah dalam MotoGP yang biasanya disebutkan atau diucapkan oleh komentator saat balapan atau sedang latihan bebas.

Paddock

Paddock merupakan istilah yang diserap dari Bahasa Inggris. Istilah satu ini lekat artinya dengan olahraga pacuan kuda. Dalam olahraga itu, paddock berarti tempat berumput atau berpagar untuk menaruh kuda. 

Istilah itu lantas diserap ke ajang MotoGP karena motor sering disebut kuda besi. Jadi, paddock berarti tempat untuk memarkir motor. Paddock berbeda dengan garasi karena garasi adalah tempat menyimpan. 

Braking point

Istilah braking point dalam MotoGP berarti titik pengereman. Setiap pembalap memiliki titik pengereman masing-masing di tikungan. Namun, area pengereman biasanya ditandai dengan papan bertuliskan 150, 100, dan 50, di pinggir lintasan.

Angka-angka itu berarti 150 meter lagi menuju tikungan. Pembalap biasanya akan bersiap-siap melakukan pengereman ketika melihat papan tersebut. Bahkan, papan itu juga bisa jadi patokan titik pengereman. 

Late/Early Braking

Yang satu ini tentu sering didengar bukan? Late breaking (pengereman telat) atau early breaking adalah manuver pembalap untuk menyalip lawan. Masing-masing tentu punya keuntungan dan kerugian. 

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk