DETAIL NEWS

Kenapa Oli Mesin Harus Rutin Diganti Secara Berkala

Date : 27 Agustus 2020 , Post Via : Admin, Views : 2427

Kenapa Oli Mesin Harus Rutin Diganti Secara Berkala

Feders-Fungsi utama dari oli yakni melumasi komponen mesin, sehingga gesekan yang terjadi di dalam mesin tidak macet, oleh karena itu pemilik motor diwajibkan mengganti oli mesin secara berkala dan rutin.

Fungsi lain sebagai pengatur suhu dalam mesin, sehingga ketika terjadi proses pembakaran dalam silinder, oli ini bisa melakukan netralisir suhu baik ketika suhu mesin panas ataupun dingin. 

Apabila oli tidak diganti dalam jangka waktu yang lama atau melebihi batas yang ditentukan,bisa merusak mesin lantaran volumenya yang terus berkurang.

Permasalahan ketika terjadi kekurangan oli yakni piston tidak dapat bergerak, lantaran pelumasnya sudah habis. 

Jika oli berada dibawah batas normalnya, dan pemakaian motor masih tetap dilakukan, maka nanti akan ada kotoran ruang bakar yang jatuh ke bagian dinding blok silinder, kerak juga akan masuk ke pinggiran piston, hingga pada akhirnya tenaga yang dihasilkan pun tidak bisa maksimal. 

Bahkan kasus yang parah bisa bikin mesin tekor dan harus turun mesin untuk memperbaikinya secara keseluruhan, dan pastinya biaya yang ditelan tidaklah sedikit.    

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus dengan rajin mengganti oli mesin motor secara rutin.   

Seal Oli Motor Bocor 
Semua komponen motor pastinya memiliki usia, termasuk seal oli. Dimana bisa saja mengalami kebocoran kapan saja, dan itu bisa membahayakan peforma mesin motor kamu. 

Kebocoran pada seal ini bisa disebabkan oleh pengisian oli yang melebihi kapasitas sealnya, dan ketika berlebih maka oli akan meluber dan masuk ke lubang pernafasan menuju ruang karburator. 

Jika sudah begini, akan timbul asap putih pada knalpot, sehingga ini nanti akan menjadikan oli mesin cepat berkurang. 



contoh bottom frame
x