Ketahui Jenis Ban yang Cocok dipakai untuk Berkendara Musim Hujan

Tanggal : 17 September 2022 , Penulis : Tim Konten

Ketahui Jenis Ban yang Cocok dipakai untuk Berkendara Musim Hujan

Oleh karena itu, memasuki musim hujan seperti sekarang ini, disarankan untuk mengganti ban sepeda motor untuk menghindari risiko terburuk di kemudian hari. 

Pada bagian pembahasan artikel  ini, kami akan memberikan informasi mengenai jenis ban sepeda motor  yang cocok  untuk berkendara di  musim hujan. Simak ulasan lengkapnya.

Jenis ban motor yang cocok untuk musim hujan

1. Ban dengan banyak alur di tapak 

Berkendara di musim hujan dengan ban bawaan motor memang tepat. Namun, jika Anda  kurang nyaman dengan ban bawaan, Anda bisa menggantinya dengan ban yang memiliki banyak alur pada tapak. 

Hal ini dimaksudkan agar ban lebih mudah melaju melewati genangan air yang akan bergerak di jalan. Selain itu, alur ban sepeda motor ini juga berfungsi sebagai saluran air, yang dapat mengurangi resiko ban slip.

2. Hindari Penggunaan Ban Semi Slick

Hindari untuk menggunakan ban semi slick saat berkendara di musim hujan. Hal ini karena ban semi slick memiliki pola tapak yang minim sehingga akan sulit digunakan ketika berkendara melewati genangan air. Penggunaan ban semi slick akan membuat ban mengalami kesulitan untuk memecah air, sehingga risiko yang mungkin terjadi adalah ban selip hingga aquaplaning.

Kondisi aquaplaning membuat Anda kehilangan kontrol saat berkendara, akibatnya Anda bisa terjatuh. Selain itu, ban semi slick juga memiliki cengkraman yang kurang kuat apabila digunakan berkendara di jalanan yang basah. Sehingga proses pengereman yang Anda lakukan menjadi kurang maksimal dan membutuhkan waktu lebih untuk menghentikan kendaraan.

3. Gunakan Ban yang Alurnya Bermotif Huruf  V

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk