DETAIL NEWS

Lakukan Pengecekan Rutin Pada Komponen Motor Berikut Saat Musim Hujan

Date : 13 September 2021 , Post Via : Admin, Views : 169

Lakukan Pengecekan Rutin Pada Komponen Motor Berikut Saat Musim Hujan

Federal Oil - September 2021 di beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan, bahkan Jabodetabek pun sudah mulai musim hujan.

Saat musim hujan, perawatan motor harus lebih ekstra lagi dan kamu harus sering mengecek beberapa komponen penting.

Karena, bila tidak diperhatikan, bisa jadi motor kamu tiba-tiba mogor atau susah untuk dinyalakan lho! Maka dari itu, ini dia beberapa bagian mesin sepeda motor yang wajib kamu cek saat musim hujan.

Busi
Busi adalah salah satu bagian penting pada sepeda motor. Tanpa komponen ini, motor tidak akan bisa menyala. Rutinlah untuk melakukan pengecekan dan penggantian busi secara berkala. Jangan lupa juga untuk cek dan bersihkan tutup busi.

Filter atau Saringan Udara
Filter berperan penting untuk menyaring debu dan kotoran agar tidak memasuki mesin sepeda motormu, maka jika filter ini basah, pembakaran di mesin akan terganggu. Hal ini menyebabkan performa motor berat dan kurang bertenaga.

Cara perawatannya cukup dengan melakukan pengecekan dan penggantian filter udara secara berkala.Hindari juga melewati banjir atau genangan air yang tinggi atau sampai menutupi filter udara.

Knalpot
Air atau lumpur yang berasal dari air hujan bisa saja masuk dan menempel di bagian dalam knalpot. Jika dibiarkan, knalpot akan menjadi kusam bahkan mengalami korosi atau karat. Maka dari itu, sebaiknya cek dan bersihkan knalpot agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan baik.

Penerangan
Segera cek dan juga bersihkan semua mika lampu yang kotor setelah terkena air hujan atau lumpur, agar penerangan berfungsi secara optimal. Karena penerangan sangat penting untuk keselamatan dan ketertiban di jalan.

Tutup Oli
Cek dan pastikan tutup oli sepeda motormu dalam kondisi terpasang dengan baik, jangan lupa perhatikan juga kondisi karet seal (O ring) pada tutup oli. Jika sudah menipis, sebaiknya lekas diganti dengan yang baru.

contoh bottom frame
x