DETAIL NEWS

Lampu Rem Motor Selalu Putus, Mungkin ini Salah Satu Penyebabnya

Date : 21 Desember 2021 , Post Via : Admin, Views : 1235

Lampu Rem Motor Selalu Putus, Mungkin ini Salah Satu Penyebabnya

Jangan buru-buru menyalahkan kualitas lampu rem atau teknisi di bengkel yang memasangnya. Soalnya, hal ini ternyata bisa membuat lampu rem motor gampang putus, lho!

1. Kebiasaan tertentu waktu berkendara

Secara tidak sadar, Brader mungkin sering menempatkan jari pada tuas rem. Kebiasaan ini pun akan membuat tuas kerap tertekan. Akibatnya, lampu rem motor, apalagi bila masih berbentuk bohlam, akan terus-terusan menyala. Tidak heran kalau begini ceritanya, lampu rem pun cepat putus.

2. Masalah kelistrikan

Kemungkinan lain lampu rem yang gampang putus ternyata bukan karena kebiasaan Brader ketika berkendara, melainkan masalah kelistrikan. Misalnya karena kabel putus. Nah, kalau kabel putus, maka ketika lampu rem diganti dengan yang baru pun, pasti tidak akan menyala. Jadi, jangan lupa periksa kondisi kabelnya juga, ya!

3. Gangguan pada kiprok

Rectifier regulator alias kiprok merupakan salah satu komponen pada sistem kelistrikan motor. Fungsinya ada dua, yaitu mengubah arus dan mengatur kelistrikan. Dengan kata lain, kiprok ini menyuplai arus listrik menuju aki.

Apabila terganggu, arus listrik yang seharusnya diterima lampu rem, menjadi tidak stabil. Akibatnya, lampu rem pun seakan-akan cepat putus. Padahal sebenarnya, yang mengalami masalah adalah kiprok.

Jadi ketika lampu motor rem Brader sering putus, yang harus diperiksa bukan hanya komponen tersebut. Jangan lengah dan periksalah komponen kelistrikan pada motor. Sebab seperti penjelasan di atas, ternyata ada berbagai kemungkinan penyebabnya. Selain itu, kurangi dan bahkan hilangkanlah kebiasaan sering meletakkan jari di tuas rem.

 



contoh bottom frame
x