DETAIL NEWS

Lampu Sein Mati, Lakukan Langkah Berikut Ini Supaya Tidak Rusak Parah

Date : 17 September 2021 , Post Via : Admin, Views : 431

Lampu Sein Mati, Lakukan Langkah Berikut Ini Supaya Tidak Rusak Parah

Sebagai pengendara motor juga harus mampu menggunakan sein motor sesuai dengan fungsinya. Tidak sedikit penyebab kecelakaan yang terjadi karena penggunaan lampu sein yang tidak sesuai. Misalnya ketika hendak belok kiri, maka harus menyalakan sein  kiri, bukan yang kanan.

Fenomena yang sering terjadi saat ini adalah memberi kode sein kiri tapi belok kanan, dan sebaliknya. Bukan hanya salah penggunaan sein saja yang menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Sein yang mati sebelah juga dapat menjadi penyebab kecelakaan yang akan merugikan diri Anda serta orang lain.

Begitu pentingnya peran sein yang ada pada motor sehingga harus Anda jaga agar tidak mengalami kerusakan. Jika sein motor mati sebelah, Anda akan kesulitan untuk memberi kode pada pengendara lain ketika hendak berbelok maupun berhenti.

Langkah yang Harus Dilakukan Jika Lampu Sein Mati Sebelah
Ketika mengetahui lampu sein mati sebelah, kamu harus mencari penyebab dan segera memperbaikinya. Membiarkan sein motor mati dalam waktu yang lama akan membuat keamanan motor berkurang, sehingga dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan ketika berkendara.

Pengendara lain yang sudah berhati-hati pun akan merasa kurang nyaman dan terganggu dengan sein motor  yang mati sebelah, karena tidak ada tanda yang jelas ketika kamu ingin berbelok. Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika sein motor mati sebelah agar tetap aman berkendara.

Periksa Jalur Output Flasher Sein dan Ganti Flasher Sein jika Rusak
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab sein motor mati sebelah dikarenakan beberapa hal, dan salah satunya adalah terjadi masalah pada flasher sein.

Jika sein motor tiba-tiba mati, maka dapat mencoba untuk memeriksanya sendiri dengan mengecek jalur output flasher sein terlebih dahulu.

Pastikan bahwa jalur output flasher sein tidak tersendat oleh debu maupun terjadi kerusakan di dalamnya. Apabila tidak ada kotoran yang menyebabkan aliran listrik tersendat, maka kemungkinan flasher seinnya yang mengalami kerusakan, sehingga harus segera mengganti dengan yang baru yaitu dengan part original yang bisa didapatkan di bengkel resmi terdekat..

Membersihkan Saklar yang Kotor atau Mengganti dengan yang Baru
Jika sein motor  mati sebelah disebabkan oleh saklar yang kotor bagian dalamnya, cobalah untuk melepaskannya terlebih dahulu. Sebelum dipasangkan kembali, kamu bisa menyemprotkan contact cleaner untuk membersihkan saklar tersebut.



contoh bottom frame
x