DETAIL NEWS

Lebaran Telah Tiba, Jangan Lupa Ganti Oli Motor Kamu Supaya Aman dan Nyaman Saat dipakai Silaturahmi

Date : 02 Mei 2022 , Post Via : Tim Konten, Views : 684

Lebaran Telah Tiba, Jangan Lupa Ganti Oli Motor Kamu Supaya Aman dan Nyaman Saat dipakai Silaturahmi

Federal Oil - Hari raya Idul Fitri 1443 H sudah tiba, jangan lupa ganti oli motor kamu supaya nyaman dipakai saat silaturahmi ke rumah kerabat atau teman kamu.

Selain supaya nyaman juga supaya performa motor matic kamu awet dan terjaga, jangan lupa ganti oli secara rutin dan memakai oli yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan motor matic.

Penggantian oli motor matic secara teratur akan membuat komponen bagian dalam mesin selalu terlindungi, sehingga kinerja komponen mesin tetap bagus dan usia pakainya jadi lebih panjang.

Perlu diperhatikan, jangan asal gunakan oli motor matic. Gunakanlah oli dengan spesifikasi sesuai anjuran pabrikan. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penggantian oli motor matic

Waktu Mengganti Oli

Dalam pemakaian normal, penggantian oli mesin Sebaiknya mengikuti anjuran jadwal perawatan berkala pada buku servis Tapi jika motor lebih sering melintasi jalur macet sebaiknya penggantian oli motor matic dilakukan lebih sering karena mesin tetap bekerja saat motor dalam keadaan diam di tengah kemacetan.

Ganti Oli Transmisi

Bagi pengguna motor matic, ada dua oli yang digunakan dan harus rutin diganti. Selain oli mesin ada juga oli transmisi atau oli garden.

Oli transmisi atau oli gardan punya fungsi penting untuk melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Jika sering terlambat atau salah spesifikasi saat mengganti oli gardan, maka kerusakan pada gear ratio bisa terjadi. 

Kerusakan komponen tersebut ditandai munculnya suara bising dari dalam boks CVT.

Periksa Volume dan Kondisi Oli

Selain memperhatikan waktu penggantian oli, volume dan kondisi oli di dalam mesin juga harus diperhatikan. Pasalnya, oli motor matic bisa menguap membuat volumenya berkurang. 

Jika volume oli berkurang, akan membuat kinerja mesin menurun dan bisa membuat kerusakan komponen dalam mesin akibat daya lumas pada komponen yang saling bergesekan menurun.

Periksa oli motor matic melalui dipstick, jika volumenya berkurang dan terdapat banyak gram (serpihan halus besi) maka segeralah mengganti oli dengan yang baru.

Jangan Tunggu Performa Mesin Menurun

Ketika interval penggantian oli sudah tercapai baik dari waktu pemakaian atau jarak tempuh, maka segeralah lakukan penggantian oli meski mesin dirasa masih dalam kondisi optimal.

Seiring pemakaian dan kerja oli di dalam ruang mesin, daya lumasnya akan berkurang. Hal ini disebabkan zat aditif di dalam kandungan oli yang bekerja untuk melindungi dan membersihkan komponen dalam mesin  menurun.

Karena itu, jika sudah waktunya mengganti oli segeralah menggantinya. Jangan tunggu sampai performa mesin menurun.

Servis di bengkel resmi
Supaya sepeda motor kamu mendapatkan pelayanan dalam perawatan yang lebih maksimal, ada baiknya melakukan servis berkala di bnegkel resmi atau bengkel yang punya mekanik setara dengan mekanik bengkel resmi, begitu juga dengan pelayannnya.

Buat feders, bisa ganti oli sekaligus servis motornya di bengkel Federal Oil Center (FOC) terdekat di kota kamu.

 

 

contoh bottom frame
x