Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Lebih Aman Mana, Pakai Standar Tengah Apa Samping

Date : 15 Oktober 2020 , Post Via : Admin, Views : 167

Lebih Aman Mana, Pakai Standar Tengah Apa Samping

Feders-Pada sepeda motor terdapat dua penyangga atau standar yakni standar samping dan juga standar tengah. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun ada perbedaan mencolok. 

Kedua standar memiliki kelebihan dan juga keunggulan masing-masing. Lalu manakah yang lebih baik dan aman, standar samping atau tengah? Berikut ini ulasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Standar Samping
Standar motor yang berada di bagian samping, fungsi utamanya untuk menopang badan motor. Karena berada di salah satu sisi, ketika menggunakan standar samping, motor akan menjadi miring ke samping. 

Dengan posisi miring seperti ini, motor mudah terjatuh, dengan sedikit dorongan ke arah berlawanan motor diparkir. 

Biasanya juga motor akan mudah sekali meluncur ketika diparkir di tanah yang miring atau menanjak. Sebab, standar samping malah akan menjadi poros utama motor saat di parkir. Jadi bukannya mencegah motor meluncur, standar samping malah menjadi titik pusat motor bergerak. 

Karena adanya gaya gravitasi, motor akan cenderung mundur ke belakang saat di parkir dengan kondisi tanah yang miring. 

Titik tumpu standar samping yang hanya berada di salah satu sisi, maka sisi yang tanpa standar akan dengan mudah meluncur karena tidak ada tumpuan yang menghambat. Motor pun akan meluncur ke bawah dan kemudian oleng lalu jatuh ke sisi yang tanpa adanya standar. 



contoh bottom frame
x