Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Melancong ke Lombok Jangan Lupa Icip-Icip Kuliner Khasnya

Date : 07 September 2019 , Post Via : Admin, Views : 1442

Feders-Lombok tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata yang indah-indah, tapi kuliner khas lombok juga terkenal enak.

Pulau ini juga terkenal dengan Makanan Khas yang populer, bagi pecinta kuliner Lombok merupakan tempat yang cocok untuk di kunjungi.

Berikut kuliner Lombok yang wajib kamu coba saat liburan ke Lombok.

1.Bebalung
Makanan Khas Lombok yang bernama Bebalung, dalam bahasa Sasak berarti "tenaga". Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang di campur dengan racikan bumbu yang terdiri cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memilik khas tersendiri.

Ini merupakan makanan khas Lombok yang wajib dicoba untuk traveller yang berkunjung ke Pulau Lombok. Rasa kuahnya sungguh berbeda, di karenakan terdapat bumbu spesial ala Bebalung yang tidak dapat dijumpai pada makanan khas lainnya.

2. Nasi Balap Puyung
Secara tampilan, menu Nasi Balap Puyung ini tidak terlalu istimewa. Hanya berisi suwiran daging ayam yang di olah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Kekuatan makanan ini terletak dari rasa pedas bumbunya yang sederhana.

Nasi Puyung berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Desa Puyung. Pertamakali diperkenalkan oleh Inaq Esun (Inaq dalam bahasa Sasak = Ibu). Yang menjadi pembeda adalah sambal khas puyung yang disajikan dengan potongan ayam & sayur lainnya. Jika ke Lombok, tidak ada salahnya makanan ini dicoba.

3. Sate Bulayak
Bulayak adalah sejenis lontong atau tupat yang di bungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. 

Dalam bahasa Sasak "Bulayak" memang berarti "Lontong" Bagi beberapa orang, rasa Bulayak jauh lebih lembut dan gurih ketimbang lontong maupun ketupat. Makanan ini biasanya disajikan dengan Sate.

Tempat dimana Sate Bulayak ini diperkenalkan, adalah di area Narmada, yaitu sebuah tempat di Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 15 20 menit dari Kota Mataram. 

Di Lokasi ini juga terdapat Taman Narmada yang dikenal dengan air awet mudanya. Ada beberapa tempat yang direkomendasi apabila anda ingin mencicipi Sate Bulayak ini. 

Biasanya warga Mataram dapat mengunjungi Hutan Suranadi (hutan alam), Pantai Senggigi, Narmada, Taman Udayana di Kota Mataram, Pantai Ampenan, dll. 

Disana banyak sekali penjual sate bulayak yg tentunya akan menawarkan salah satu makanan khas Lombok ini.

4.Ayam Taliwang
Sebagai makanan khas Lombok, ayam taliwang menyimpan sejarah yang panjang. Masakan ini pertama kalinya di perkenalkan oleh juru masak Sultan Sumbawa yang di tempatkan di Lombok pada jaman Raja Karangasem. 

Masakan Ayam Taliwang memang bisa anda temui di sebagian kota besar di Indonesia, seperti halnya masakan Padang. 

Namuh tahukah anda bahwa untuk membuat ayam taliwang yang enak terdapat dari kelezatan bumbunya. Itu mengapa Ayam Taliwang  yang anda cicipi di Lombok selalu terasa lebih enak di bandingkan di daerah lain.

Ada satu tempat di Mataram yang dikenal dengan nama Karang Taliwang. Tempat ini diberi nama demikian, dikarenakan disanalah tempat pertama Ayam Taliwang di kembangkan di Pulau Lombok. Untuk restaurant pertama, terdapat di seputarannya. 

Namun kini seiring dengan perkembangan kota, Ayam Taliwang ini dapat anda jumpai di berbagai penjuru Kota Mataram, bahkan di seluruh Pulau Lombok sekalipun dari kelas kaki lima sampai dengan kelas bintang lima.

Jika di Jawa terdapat lalapan (sayur) sebagai menu pendamping, maka di sini Ayam Taliwang juga memiliki Pelecing kangkung sebagai lalapannya.

5. Plecing Kangkung
Masakan khas Lombok barat ini biasanya di sajikan dengan Ayam Taliwang. Kangkung yang digunakan untuk memasak Plecing ini juga sangat khas. 

Tidak seperti tanaman kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa, kangkung khas Lombok ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah. 

Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat.

Kangkung akan dicampur dengan kecambah / tauge yang telah direbus setengah matang, kemudian dicampur dengan parutan kelapa & sambal terasi yang telah di ulek. 

Tingkat kepedasannya bervariasi tergantung dari jumlah cabai yang digunakan. Biasanya pelecing kangkung dipadukan dengan nikmatnya Ayam Taliwang.(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x