DETAIL NEWS

Mengapa Oli Mesin Motor Harus Diganti Rutin

Date : 15 Juli 2021 , Post Via : Admin, Views : 514

Mengapa Oli Mesin Motor Harus Diganti Rutin

Perlu kamu ketahui Oli mesin yang sudah lama digunakan mengandung kotoran yang terus mengendap pada mesin, kotoran ini akan mengganggu kinerja mesin motor kamu.

Oleh karena itu, ganti oli secara rutin wajib dilakukan, supaya komponen yang ada di dalam mesin awet alias tidak mudah rusak, jika sudah rusak biaya yang akan kamu keluarkan tidak sedikit.

Pada saat ganti oli, pastikan pelumas yang kamu gunakan seusai dengan yang direkomendasikan untuk kebutuhan motor kamu. Misalnya nilai viskositas (SAE) dan juga kualitasnya seperti API Service serta JASO. Ini bertujuan agar oli dapat melumasi mesin secara maksimal.

Biasanya jika oli telat diganti, tarikan motor akan terasa berat, boros bahan bakar dan bisa merusak komponen di dalam mesin.

Oleh karena itu sangat dianjurkan mengganti oli tepat waktu, supaya performa mesin tetap terjaga.

Waktu penggantian oli yang tepat adalah ketika mesin sedang dalam kondisi dingin atau relatif dingin. Pagi hari bisa menjadi pilihan yang tepat kamu untuk mengganti oli mesin. 

Ini dikarenakan motor belum digunakan dan pada keadaan ini oli berada di bak mesin. Hanya sedikit yang menempel di mesin dan ketika oli dikeluarkan akan terbuang maksimal.

Kondisinya jelas akan berbeda jika kadar oli lama yang tersisa masih banyak. Dengan begitu, oli baru akan tercampur dengan oli lama. 

Dan ini menyebabkan kemurnian oli baru berkurang. Dan, tentu saja fungsinya melumasi mesin pun demikian. Hal ini juga berlaku sama saat anda memutuskan untuk mengganti gear oil.

Supaya kamu tidak salah pilih Oli, pastikan kamu pakai Federal Oil, karena semua pelumas dari Federal Oil sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin motor yang ada di Indonesia.(federaloil.co.id)



contoh bottom frame
x