Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Mengenal Jenis Kopling Pada Sepeda Motor

Date : 05 Oktober 2019 , Post Via : Admin, Views : 5163

Feders-Kopling salah satu komponen penting pada setiap sepeda motor. Fungsi kopling sendiri sebagai penerus putaran mesin dari poroso engkol ke roda gigi mesin kemudian diteruskan ke roda belakang.

Jenis kopling sendiri sangat beragam Feders yakni kopling gesek, fluida, sentrifugal dan kopling magnet.

Untuk kendaraan roda dua yang sering digunakan jenis kopling gesek tipe plat, lalu dari situ dibagi lagi ada kopling plat basah dan kopling kering.

Baca Juga: Supaya Performa Mesin Motor Yamaha Mio S Tetap Stabil, Gunakan Oli Yang Terbaik

Kopling basah adalah, jenis kopling yang terendam oleh oli, sedangkan kopling kering sebaliknya, artinya tidak terendam oli.

Untuk kopling basah biasanya banyak digunakan untuk motor-motor matic, sedangkan untuk kopling kering digunakan pada motor bebek dan sport.

Lalu apa kekurangan dan kelebihan dari kedua jenis kopling tersebut ? Untuk kopling kering punya keunggulan tidak mudah selip, terutama ketika pemilik kendaraan salah dalam memilih oli mesin, karena kopling kering tidak terendam oli.

Baca Juga: Oli Motor Matic Terbaik Untuk Yamaha Lexi, Segmen Premium 125cc

Sedangkan kelemahan untuk kopling kering adalah karena tidak terendam oli, maka kopling kering akan lebih cepat aus.

Lalu untuk kopling basah memiliki kelebihan tidak cepat aus karena kopling basah terendam oli dimana secara pelumasan lebih sempurna.

Kemudian kelemahan dari kopling basah, tergantun dengan kualiats oli, apabila oli terlalu licin maka akan muda selip.

Selain itu hambatan geseknya kurang, sehingga tidak seefektif kopling pelat kering..

Jadi buat Feders pengguna motor matic, gunakan selalu oli yang terbaik untuk motor matic kamu, supaya koplingnya tidak mudah selip.

Jika kamu membutuhkan oli yang bagus, jawabannya Federal Oil, karena kekentalan dari Federal Oil Matic sudah disesuaikan dengan teknologi motor matic matic terkini.(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x