Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Mengenal Perbedaan Ban Bias Dan Radial

Date : 18 Februari 2020 , Post Via : Admin, Views : 663

Feders-Ban memiliki dua tipe yakni tube yang menggunakan ban dalam dan tubeless tanpa ban dalam. 

Selain memiliki dua jenis tipe, ternyata ada spesifikasi ban lainnya, yaitu radial dan bias. Kedua jenis ban tersebut memiliki perbedaan.

Radial dan bias ini tentang bagaimana konstruksi ban tersebut dibuat, meski secara fisik ban bias atau radial tidak bisa dibedakan.

Baca Juga: Rekomendasi Gear Oil Untuk Motor Matic

Untuk ban radial akan ditandakan dengan kode ‘R’, misalkan 120/70-R17 yang menandakan ban tersebut tipe radial atau langsung tertera tulisan radial.

Bicara soal konstruksi untuk ban bias lapisan nilon disusun secara menyilang. Sudutnya berkisar 45-60 derajat sedangkan radial 90 derajat.

Ban radial adalah pengembangan teknologi dari ban bias. Ban radial memiliki ply cord bersudut kurang lebih 90 derajat terhadap garis tengah ban.  

Baca Juga: Honda Siap-Siap Luncurkan Motor Bebek Trail 125cc

Tapi memiliki lapisan steel belt atau sabuk baja di atasnya. Steel belt ini membuat konstruksi ban lebih rigid dan kekar

Karena lebih rigid dan kekar, daya cengkramnya ke aspal pun lebih sempurna.

Terlebih dalam kondisi menikung, feeling handling-nya jadi lebih mantap karena daya cengkram yang lebih baik.

Selain itu menurut Dodi salah satu kelebihan ban radial adalah ringan. Dengan begitu membuat handling atau manuver lebih mudah.

Khusus untuk motor berkapasitas mesin besar, pemakaian secara terus menerus tetap akan membuat ban stabil karena rigid.(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x