Mengendarai Motor Lewat Banjir? Siapa Takut!

Tanggal : 09 November 2021 , Penulis : Admin

Mengendarai Motor Lewat Banjir? Siapa Takut!

Namun jika hujan deras melanda, kemungkinan untuk banjir selama perjalanan tampaknya terkadang sulit terelakkan.

Dengan ketinggian air banjir yang bervariasi, dari genangan hingga setinggi puluhan sentimeter, ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk dapat melewatinya.

Yang wajib diperhatikan adalah ketinggian genangan air yang membanjiri jalanan, jika tidak memungkinkan untuk dilewati, maka jangan sekali-sekali nekat untuk melewatinya.

Biasanya, ketinggian aman yang dapat dilewati untuk sepeda motor adalah 10-20cm agar tidak merusak mesin motor kesayangan kalian.

Karena ditakutkan air banjir akan masuk ke ruang bakar dan malah makin merusak motor kalian.

Namun jika jarak aman ketinggian air sudah yakin bisa dilewati dan tidak ingin mematikan motor, maka tips pertama yang harus dilakukan adalah tetap jaga putaran mesin secara stabil.

Jangan sekali-sekali menurunkan putaran mesin, karena jika putaran mesin mengendur sedikit ketika menerjang banjir, ditakutkan ada air yang masuk kedalam ruang bakar lewat moncong knalpot.

Jika ingin lebih aman, baiknya mematikan mesin motor dan mendorong motornya melewati banjir tersebut saja agar ruang mesin dan kelistrikan aman.

Sudah berhasil melewati banjir? Jangan lupa cek motor kembali apakah ada komponen yang terkena imbas menerobos banjir atau tidak, cek busi, pengabut bahan bakar hingga filter udara sebelum kemudian lanjutkan perjalanan kembali.

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk