Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Mengetahui Tanda Kampas Rem Motor Sudah Waktunya Ganti Apa Belum

Date : 23 September 2020 , Post Via : Admin, Views : 252

Mengetahui Tanda Kampas Rem Motor Sudah Waktunya Ganti Apa Belum

Feders-Rem adalah piranti keselamatan yang berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda, supaya laju kendaraan bisa melambat dan berhenti saat diperlukan. Saat ini ada dua model rem yang digunakan pada sepeda motor yakni rem tromol dan disc atau cakram.

Kedua model rem tersebut sangat bergantung pada kondisi kampas rem untuk mendapatkan hasil pengereman yang baik. Rem cakram berkerja memanfaatkan daya jepit kampas rem pada disc atau cakram. Sedangkan rem model tromol memiliki mekanisme yang memanfaatkan tekanan kampas rem pada dinding drum brake.

Begitu pentingnya peran kampas rem dalam proses pengereman, diperlukan perhatian lebih. Seiring usia pakai, kondisi dan kinerja kampas akan berkurang. Karena itu pengendara perlu mengetahui apakah kampas masih dalam kondisi baik atau sudah harus diganti.

Berikut ini beberapa informasi untuk mengetahui kondisi kampas rem :

1. Muncul Suara Berdecit Saat Mengerem
Suara decit yang muncul mungkin terjadi akibat gesekan kampas yang mulai menipis dengan cakram. Suara tersebut juga bisa muncul akibat permukaan kampas rem kotor atau basah, atau bisa juga kampas rem mulai mengeras.

2. Jarak Tarik Tuas Rem Lebih Dalam
Hal tersebut terjadi pada tuas jenis rem tromol dimana dapat mengindikasikan mulai menipisnya kampas rem. Kampas yang menipis memperbesar jarak antara dinding muka kampas dengan dinding cakram atau drum sehingga membuat jarak tarik tuas rem semakin jauh.

3. Melewati Batas Indikator Keausan
Kampas rem yang sudah aus juga dapat dilihat dari indikator keausannya. Indikator tersebut biasanya berupa lubang yang membentuk garis pada dinding kampas. 



contoh bottom frame
x