DETAIL NEWS

Motor Matic Terendam Banjir, Begini Cara Mengatasinya

Date : 03 Januari 2020 , Post Via : Admin, Views : 20884

Motor Matic Terendam Banjir, Begini Cara Mengatasinya

Untuk wilayah yang banjirnya tidak terlalu tinggi, kendaraan bermotor masih bisa diselematan, akan tetapi untuk wilayah yang genangannya tinggi sangat sulit untuk menyelamatan kendaraannya.

Lalu bagaimana jika motor sudah terlanjur terendam banjir terutama untuk motor matic ? Berikut ini cara penanganan motor matic yang terendam banjir.

Baca Juga: Mau Terobos Genangan, Ini Batas Aman Genangan Untuk Motor

Langhkah pertama, jika ketinggian air sudah melebihi filter udara, sebaiknya motor segera dibawa ketempat yang lebih aman dan jangan langsung dinyalakan.

Air yang ketinggiannya sudah melebihi mesin motor atau filter udara berisiko masuk ke dalam mesin atau silinder, jika motor langsung dihidupkan bisa berakibat water hammer, yang berkibat setang piston bisa bengkok.

Berikutnya buka filter udara bersihkan dan keringkan, jika masih memungkinkan filter udara masih bisa dipakai, jika sudah kering pasang kembali, namun jika sudah tidak memungkinkan sebaiknya diganti dengan yang baru.

Kemudian buka busi keringkan rumah busi dan juga businya, engkol motor supaya air yang masuk ke dalam silinder bisa keluar melalui lubang busi.

Baca Juga: Yamaha Fascino 125 Motor Matic Retro Modern Terbaru

Selanjutnya buang air yang ada di bagian CVT, cara sangat mudah Feders bisa membuka atau melepas selang kecil yang ada di bagian ujung CVT.

Kemudian buka dan buang oli mesin termasuk oli transmisi, bilas menggunakan oli yang baru, pakai Federal Oil yang memiliki spesifikasi yang sudah ditentukan oleh pabrikan motor.



contoh bottom frame
x