DETAIL NEWS

Penyebab Aki Cepat Soak Padahal Motor Masih Baru

Date : 09 Agustus 2021 , Post Via : Admin, Views : 948

Penyebab Aki Cepat Soak Padahal Motor Masih Baru

Komponen lain seperti aki juga memiliki peran yang sangat penting dalam berjalannya motor. Untuk itu, aki juga perlu dilakukan perawatan.

Komponen penyuplai aliran listrik atau aki ini memiliki dua macam jenis yaitu aki kering dan basah, keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Mengingat pentingnya aki pada motor, maka pengendara motor harus rutin mengecek komponen yang satu ini.

Untuk motor yang sudah berumur lama, memang wajar jika komponen aki berpotensi soak. Namun, bagaimana dengan motor baru yang tiba-tiba mengalami kejadian aki soak? Berikut ini hal-hal yang bakal membuat aki gampang soak, yang mungkin tidak Anda sadari.

Ternyata, aki bisa cepat soak akibat hal-hal berikut ini yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Motor Jarang Digunakan
Kondisi yang pertama adalah karena motor jarang digunakan, dan inilah yang benar-benar harus di antisipasi. Terlebih di masa pandemi sekarang ini, dimana orang-orang lebih baik di rumah saja dan tidak keluar rumah. 

Jadi, aki motor baru itu meskipun kondisinya masih baru namun bisa cepat soak apabila motor jarang digunakan. Hal ini karena kalau mesin tidak menyala, maka aki juga tidak mengalami pengisian. 

Dengan begitu, solusinya adalah Anda sebaiknya mengganti aki baru atau recharge aki. Namun, sebagai pencegahan akan lebih baik jika Anda rutin memanskan motor setidaknya tiga hari sekali. Dengan cara itu, aki bisa senantiasa terisi.

2. Salah Pasang
Penyebab yang kedua aki motor baru cepat rusak adalah karena kesalahan pemasangan ketika Anda melakukan modifikasi kelistrikan pada motor. Salah pasang ini membuat daya aki cepat soak karena terkuras. Dengan begini, Anda harus menggantinya dengan aki yang baru.(Federaloil.co.id)



contoh bottom frame
x