DETAIL NEWS

Penyebab Dan Solusi Jika Motor Injeksi Berasap

Date : 09 November 2020 , Post Via : Admin, Views : 4668

Penyebab Dan Solusi Jika Motor Injeksi Berasap

Feders-Kamu mungkin pernah melihat motor dengan asap mengepul keluar dari knalpotnya, padahal memakai motor injeksi keluaran terbaru. 

Nah masalah ini memang sering terjadi, terutama pada kendaraan yang jarang tersentuh para mekanik.

Pada dasarnya, knalpot motor injeksi yang ngebul atau dikenal juga dengan istilah fogging, bisa disebabkan karena dua kemungkinan, yakni :

Kalau asap yang keluar berwarna hitam, bisa dipastikan proses pembakaran di mesin kurang maksimal. masalah ini disebabkan karena bensin yang masuk tidak dibakar sempurna karena udara yang kurang. 

Solusinya cukup penyetelan ulang di ECU atau electronic control unit.

Kalau asap yang keluar berwarna putih, bisa jadi oli mesin naik dan masuk ke ruang bakar hingga ikut terbakar. 

Kondisi ini bisa disebabkan karena banyak faktor, bisa karena ring piston kering, sil klep sudah aus, piston sudah baret, atau celah kelep bocor.

Khusus untuk asap putih, motor dengan sistem injeksi ataupun jenis karburator, pada dasarnya cara penanganannya masih tetap sama, yakni :

Jika ring piston sudah aus karena sudah digunakan cukup lama, mau tidak mau harus diganti, terlebih jika motor seriung digunakan dan sudah 1 tahun belum diganti.

Jika piston baret karena sering terlambat ganti oli mesin, mau tidak mau penanganannya harus segera mengganti piston dengan yang baru. 



contoh bottom frame
x