DETAIL NEWS

Penyebab Motor Injeksi Brebet dan Cara Mengatasinya

Date : 01 Februari 2021 , Post Via : Admin, Views : 1655

Penyebab Motor Injeksi Brebet dan Cara Mengatasinya

Feders-Semua motor baru saat ini sudah menggunakan teknologi injeksi, baik motor matic, bebek dan sport. Dengan menggunakan teknologi injeksi menjadikan perawatan motor injeksi lebih mudah.

Meski berteknologi injeksi, bukan berarti motor tidak bisa mengalami kerusakan atau masalah. Jika rajin melakukan perawatan, tentu tingkat kerusakannya tidak akan parah.

Motor baru maupun motor lama, pasti punya kendala, bahkan motor injeksi juga bisa mengalami yang namanya brebet.

Ada banyak faktor yang menyebabkan motor teknologi injeksi brebet, salah satunya karena kurang perawatan.

Dilansir dari Suzuki.co.id, ada dua komponen yang wajib diperhatikan dan dicek saat melakukan perawatan berkala jika motor injeksi brebet.

Mulai dari selang injektor, sampai ke bagian throttle body. Dua komponen ini wajib mendapat perawatan secara berkala karena kalau dibiarkan bisa sangat berpengaruh terhadap performa mesin.

Bukan tanpa sebab, tugas injeksi pada motor sistemnya adalah menyuplai bahan bakar ke ruang pembakaran. Bila tidak dirawat, injektor berisiko mampet karena tersumbat kotoran. 

"Umumnya pengecekan dilakukan setiap interval 8.000 km," tulisnya.

Selain membersihkan selang injector dan throttle body, ada komponen lain yang juga patut diperhatikan, yakni kondisi busi dan filter udara.

 

Laman tersebut menyarankan agar setiap kelipatan jarak 8.000 km memeriksa busi dan filter udara juga penting untuk dilakukan. 

Baca Juga: Bagian Ini Jangan Sampai Terkena Air Jika Kamu Cuci Motor Sendiri

Busi memiliki fungsi untuk memercikkan api ke ruang bakar. Kalau pengapian dari busi terhambat, bensin berisiko terbuang sia-sia dan proses pembakaran tidak maksimal. 

Namun untuk filter udara, sebaiknya dicek dan dibersihkan tiap 2.000 km. Dengan rutin membersihkan filter udara, kepastian ruang bakar mendapat asupan udara yang bersih menjadi lebih terjamin.

Nah itu tadi detikers, seputar motor brebet di motor injeksi, jadi rumor motor injeksi tanpa perawatan dibanding karburator tidak sepenuhnya benar .(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x