Sebelum Musim Hujan Tiba, Cek Komponen Berikut Ini Pada Sepeda Motor Kamu

Tanggal : 15 September 2022 , Penulis : Tim Konten

Sebelum Musim Hujan Tiba, Cek Komponen Berikut Ini Pada Sepeda Motor Kamu

Sebelum memasuki musim penghujan, ada baiknya para bikers melakukan pengecekan beberapa komponen berikut pada motornya supaya aman saat berkendara di musim hujan.

Selain bagian bodi dan pencahayaan, penting juga untuk rutin memeriksa komponen di area mesin. Tentu saja, jika ada masalah dengan suku cadang mesin saat musim hujan,  akan menjadi masalah jika terjadi mogok. Selain itu, biaya perbaikan bisa  tinggi.

Berikut ini komponen yang wajib dicek sebelum musim hujan supaya aman.

1. Busi 

Busi merupakan bagian yang sangat penting dari mesin. Hal ini dikarenakan komponen ini berperan dalam pengapian. Hal yang sama berlaku untuk konektor busi, yang melindungi busi dari air. 

Memeriksa tutup busi bisa dilakukan dengan melepas tutup busi atau tutup karet. Kemudian bersihkan tutup busi dari air dan kotoran dan bersihkan kembali.

2. Filter udara 

Fungsi filter udara adalah untuk mencegah partikel debu dan  kotoran  masuk ke ruang bakar. Jika bagian ini  basah, maka akan mengganggu pembakaran di ruang bakar mesin. Ini mencegah udara masuk ke ruang bakar mesin. Alhasil, performa mesin terasa berat dan tidak bertenaga.

3. Knalpot

Menguras kotoran dan lumpur dari air hujan serta body dan spatbor. Kotoran juga tak terhindarkan di lubang pembuangan. Paparan yang terlalu lama dapat menumpulkan penampilan dan menyebabkan korosi dan karat.

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk