DETAIL NEWS

Sering Melewati jalan Berlubang, Cek Komponen Berikut Ini

Date : 24 Desember 2020 , Post Via : Admin, Views : 1260

Sering Melewati jalan Berlubang, Cek Komponen Berikut Ini

Feders-Di musim hujan, sering kali muncul genangan di pinggir maupun tengah jalan yang kita lewati. Tak jarang, genangan tersebut merupakan sebuah lubang di jalan yang terisi air. Ketika kita melewati genangan itu, tiba-tiba saja motor kita terbentur pada permukaan jalan berlubang tersebut.

Kondisi ini tidak hanya berbahaya bagi nyawa kita saja yang bisa jatuh sewaktu-waktu, namun juga bisa berbahaya bagi kondisi sepeda motor kita. Kondisi jalan berlubang tak jarang membuat beberapa komponen motor menjadi rusak.

Nah, berikut ini ada 7 komponen dari motor kamu yang wajib kamu cek setelah melewati jalan berlubang. 

Ban
Ban merupakan komponen paling luar dan paling pertama yang akan terkena benturan dengan jalan berlubang secara langsung. Di dalam ban terdapat serat-serat logam yang bisa saja berubah bentuk atau berpindah tempat jika sering mengalami benturan.

Kondisi ini bisa membuat ban menjadi benjol, retak-retak, bahkan ekstremnya ban bisa pecah sewaktu-waktu.

Velg
Lapisan selanjutnya yang bisa bermasalah ketika berbenturan dengan jalan berlubang adalah velg sepeda motor. Velg yang terbuat dari logam ini bisa mengalami kerusakan jika terlalu sering terbentur jalan berlubang.

Bahkan, velg jenis racing bisa saja pecah jika terlalu sering terbentur. Sementara untuk velg jenis ruji bisa mengalami bengkok sewaktu-waktu.

Bearing
Bearing merupakan komponen sepeda motor yang menerima beban dari putaran ban dan meminimalisir gesekan yang terjadi antara tromol dan as roda.

Jika roda terlalu sering terbentur ketika melewati jalan berlubang, maka beban yang ditanggung oleh bearing akan semakin berat. Hal ini akan membuat bearing atau laher roda cepat aus.

Kondisi ini akan membuat putaran roda tidak stabil dan membahayakan keselamatan pengendara motor itu sendiri.



contoh bottom frame
x