Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Setel Rantai Sendiri Gampang, Gak Perlu ke Bengkel

Date : 17 Februari 2020 , Post Via : Admin, Views : 436

Feders-Bagi pemilik sepeda motor konvensional yang menggunakan rantai sebagai penyalur tenaga, melakukan perawatan terhadap komponen ini wajib hukumnya.

Enggak harus kebengkel, cara ini pun bisa dilakukan sendiri. Sebenarnya mudah karena dari ciri fisik saja sudah bisa terlihat, cuma kebanyakan orang sering menyepelekan.

Paling gampang itu melihat kerenggangan serta kondisinya. Penyetelan dan pelumasan paling cuma butuh waktu 10 menit saja. Paling dasar mengecek kondisi rantai bisa dilihat dari kondisinya.

Baca Juga: Serunya Komunitas Honda Big Bike Touring ke Bangka

Bila rantai nampak kering tanpa pelumas, maka hal yang harus dilakukan adalah memberikan cairan khusus, namun sebelum dilakukan, pemilik juga wajib memastikan tingkat kerenggangan rantai. 

Jika rantai sudah terlalu renggang, maka yang harus dilakukan adalah menyetel ulang.

Caranya mudah, karena rata-rata bisa dilakukan dengan kunci perkakas yang sederhana, artinya tidak perlu kunci khusus.

Pengaturan rantai yang ideal, namun ketegangan maksimalnya rata-rata 3 cm dari jarak renggang ketika rantai ditekan ke atas atau ke bawah.

Jarak renggang rantai yang ideal berpengaruh pada performa motor, jangan terlalu kencang atau renggang. 

Baca Juga: Kawasaki Z900 2020 Punya Fitur Dan Warna Baru

Bila terlalu kendur, selain bisa lepas, tarikan motor juga terasa berat yang efeknya mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Bila ukuranya sudah pas, tinggal lumasi rantai dengan cairan khusus.

Hindari penggunaan gemuk apalagi oli bekas, hal tersebut hanya membuat kondisi rantai lengket hingga mudah dihinggapi debu atau kotoran saat di jalan.(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x