Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Sudah Waktunya Ganti Ban Motor ? Jangan Asal, Pahami Dulu Kodenya

Date : 06 Mei 2020 , Post Via : Admin, Views : 811

Sudah Waktunya Ganti Ban Motor ? Jangan Asal, Pahami Dulu Kodenya

Feders-Ada kalanya karena malas membaca atau sejenisnya, ketika merasa ban motor yang dipunyai sudah mulai tipis dan kembangannya juga sudah menyentuh bagian seratnya, maka rata-rata pengguna motor akan langsung menggantinya tanpa harus memusingkan masalah kode-kode yang ada di ban baru tersebut. Padahal, sebenarnya setiap ban memiliki kode-kode tertentu yang memiliki artian khusus.

Apabila kamu salah memilih ban, maka ada kemungkinan tidak seberapa lama ban tersebut akan kembali cepat tipis atau juga tidak enak ketika digunakan di jalan raya. 

Nah, dikarenakan hal tersebut, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengetahui arti dari setiap kode di ban untuk motor berikut.

Sebagai catatan, setiap ban pastinya akan memiliki kode-kode khusus yang terpampang pada salah satu sisinya. 

Sebagai contohnya adalah adalah kode ban 180 / 50 R – 17 M / TL. Nomor 180 sendiri memiliki artian lebar tapak ban dalam milimeter, sedangkan nomor 50 tersebut mempunyai artian sebagai tinggi atau ketebalan sisi ban yang diukur dari lebar tapaknya.

Untuk huruf R sendiri memiliki artian sebagai kodekonstruksi ban yang menandakan berjenis radial. Angka 17 Mempunyai arti sebagai riameter ring velg ban yang digunakan dan M adalah batas aman kecepatan maksimal yang dapat ditempuh oleh pengguna motor jika memakai ban tersebut, yaitu 130 km/jam. Sedangkan TL merupakan singkatan dari tubeless.

Adapun kode-kode lainnya yang terkadang juga ikut tersemat pada sisi ban, seperti  contohnya R 41 P adalah R seperti yang disebutkan di atas sebagai kode konstruksi ban, yaitu berjenis radial dan P adalah kode untuk batas kecepatan maksimal 150 km/jam. 



contoh bottom frame
x