DETAIL NEWS

Suspensi Penting Banget, Begini Cara Merawatnya

Date : 31 Agustus 2021 , Post Via : Admin, Views : 379

Suspensi Penting Banget, Begini Cara Merawatnya

Suspensi atau yang seringkali juga disebut dengan shockbreaker merupakan satu komponen pada kendaraan yang berguna untuk meredam getaran atau kejutan selama berkendara di jalan. 

Misalnya saat melewati polisi tidur yang cukup tinggi atau melewati jalanan yang berlubang. Nah, suspensi bekerja penuh ketika kendaraan yang kita gunakan melewati jalanan tersebut.

Tanpa perangkat yang satu ini, pengalaman berkendara Anda dipastikan tidak akan nyaman. Kamu mungkin akan mengalami sakit punggung sesaat setelah melewati jalanan berlubang atau polisi tidur secara terus menerus tanpa suspensi.

Nah, maka dari itu penting untuk tetap menjaga kondisi komponen motor yang satu ini agar tetap prima. Sehingga saat digunakan berkendara pun, kamu bisa mendapatkan kenyamanannya sekaligus terhindar dari sakit atau nyeri punggung. Berikut beberapa tips merawat suspensi motor yang bisa kamu lakukan.

Tips Merawat Suspensi Motor Agar Lebih Awet
1. Selalu jaga kebersihan suspensi motor
Letaknya yang terbuka membuat komponen motor yang satu ini rawan kotor setelah digunakan berkendara. Terlebih pada musim hujan seperti saat ini. Komponen suspensi harus senantiasa dijaga kebersihannya agar fungsinya tetap optimal dan tidak terganggu.

Jika motor yang Anda kendarai baru saja digunakan untuk menerobos hujan atau melewati jalanan berlumpur. Pastikan untuk segera membersihkan bagian suspensi dengan lap dan air bersih. 

Hal ini untuk menghindari terjadinya menumpuknya kotoran pada komponen tersebut yang nantinya akan membuat suspensi terasa keras dan tidak nyaman saat digunakan.

2. Selalu perhatikan oli pada suspensi
Komponen yang satu ini bekerja meredam kejutan dengan bantuan dari pelicin maupun oli. Tanpa adanya oli yang melapisi bagian suspensi, sudah dapat dipastikan bantingan komponen ini terasa keras  dan tidak nyaman. Sehingga memicu terjadinya sakit atau nyeri punggung yang sering dialami oleh pengemudi kendaraan.

Tak hanya itu, suspensi yang tidak dilapisi oli atau cairan pelicin juga lebih mudah patah jika digunakan berkendara. Terlebih jika Anda sering melewati jalanan yang rusak, berbatu atau jalanan berlubang sekali pun.

3. Hindari membawa barang bawaan berlebih
Cara merawat suspensi agar lebih awet selanjutnya adalah dengan cara tidak membawa barang bawaan yang berlebihan. 



contoh bottom frame
x