DETAIL NEWS

Syarat Dan Cara Perpanjang SIM C Terbaru

Date : 18 Juli 2021 , Post Via : Admin, Views : 190

Syarat Dan Cara Perpanjang SIM C Terbaru

Federal Oil - Feders, buat kamu yang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah habis, perlu diperpanjang lagi. Jika sudah lebih dari tanggal yang sudah ditentukan, maka kamu harus membuat SIM ulang dengan mengikuti tes dan praktik.

Untuk memperpanjang masa berlaku SIM C tidaklah sulit, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, bisa melalui SIM keliling atau juga ke kantor Satpas SIM terdekat.

Surat Izin Mengemudi atau SIM merupakan pengenal dan surat izin yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor. Dengan memilikinya, hal ini membuktikan jika orang yang bersangkutan bisa mengemudikan kendaraan bermotor dan mengetahui aturan-aturan dalam berkendara.

Surat Izin Mengemudi tidak hanya digunakan sebagai bukti kemampuan berkendara saja, namun juga bisa digunakan sebagai data diri milik pengemudi. 

Surat izin ini memiliki level yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Berbeda dengan KTP yang berlaku seumur hidup, SIM memiliki masa berlaku yang cukup singkat yakni lima tahun saja, setelah itu perpanjangan masa berlakunya perlu dilakukan. 

Syarat Memperpanjang SIM
Pada dasarnya syarat memperpanjang SIM C tidak terlalu sulit ataupun lama, Anda hanya membutuhkan beberapa berkas saja. Pihak Kepolisian telah menetapkan aturan mudah saat memperpanjang Surat Izin Mengemudi. Kemudahan ini bisa didapatkan apabila perpanjangan dilakukan pada waktu yang tepat.

Perpanjangan SIM ini bisa dilakukan secara offline dan online. Pada dasarnya perpanjangan setiap Surat Izin Mengemudi ini memiliki persyaratan yang hampir sama. Berikut syarat perpanjang SIM C yang perlu Anda siapkan.

1.Surat Izin Mengemudi asli yang akan diperpanjang
2.Fotokopi Surat Izin Mengemudi dan Kartu Tanda Penduduk sebanyak dua lembar.
3.Surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas sebagai bukti bahwa Anda sehat jasmani.4.Mengambil dan mengisi formulir perpanjangan SIM C.
5.Menyelesaikan tes psikologi. Sama seperti saat membuat SIM baru, Anda harus bisa lulus tes psikologi sebagai syarat pengajuan perpanjangan SIM C.
6.Melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak SIM di bank terdekat.

Seluruh perlengkapan dokumen di atas hanya berlaku apabila Anda melakukan perpanjangan saat SIM masih berlaku. Jika Anda melakukannya setelah masa berlaku SIM habis, maka dokumen tersebut sudah tidak berlaku lagi dan Anda harus membuat SIM baru.

Cara Perpanjang SIM
Setelah mengetahui beberapa poin penting yang perlu disiapkan saat perpanjang SIM motor, Anda perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat saat memperpanjangnya. Berikut cara melakukan perpanjangan SIM C yang perlu Anda ketahui.

Melalui Kantor Satpas
Salah satu tempat yang bisa Anda tuju saat akan memperpanjang SIM adalah kantor Satpas. Untuk Anda yang ingin melakukan perpanjangan di kantor Satpas, berikut cara yang bisa Anda ikuti.

Lengkapi dokumen yang diminta terlebih dahulu sebelum Anda berangkat ke kantor Satpas. Dokumen yang perlu Anda bawa adalah SIM asli, KTP asli, dan fotocopy dari keduanya.

Setelah itu, kamu bisa pergi ke kantor Satpas terdekat dan segera menuju ke loket pendaftaran atau penerimaan dokumen perpanjangan SIM.

Lalu kamu bisa melanjutkan ke loket penerimaan dan menyerahkan dokumen persyaratan yang diminta.

Setelah itu Anda perlu pergi ke loket produksi guna melakukan identifikasi yang meliputi tes sidik jari, foto, dan tanda tangan.
Tunggu sekitar 30 menit hingga proses pencetakan SIM baru selesai.

contoh bottom frame
x