DETAIL NEWS

Teknik Berkendara Motor di Jalan Berkerikil Dan Pasir

Date : 01 Oktober 2020 , Post Via : Admin, Views : 942

Teknik Berkendara Motor di Jalan Berkerikil Dan Pasir

Feders-Di Indonesia memiliki beragam kontur jalan, mulai jalan aspal, berlubang, tanah, berbatu sampai pasir, oleh karena itu perlu teknik tersendiri saat melintasi berbagai jenis jalan.

Banyak pengendara sepeda motor yang kesulitan bahkan terjatuh saat melintasi di jalan yang berkerikil dan pasir.

Nah, berikut ini teknik melintasi jalan yang berkerikil dan juga pasir, supaya Feders gak nyungsep saat melintasinya.

1.Kurangi Kecepatan
Jika kamu tahu bakal melintasi jalan berkerikil atau pasir, kamu harus mengurangi kecepatan laju motor kamu Semakin besar rintangan bebatuan yang ada di sana, maka semakin rendah pula kecepatan yang disarankan. 
Karena berkendara dengan kecepatan tinggi di jalanan berbatu dapat menyebabkan ban bocor hingga benturan keras pada komponen kendaraan.

2.Genggam Stang Dengan Kuat
Saat melewati jalanan berpasir atau berkerikil, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap fokus berkendara dengan memegang erat stang motor.

Hal ini guna menghindari ketidakstabilan kamu saat berkendara terutama jika kerikil yang ada di jalanan cukup banyak dan berukuran besar.

3. Jangan Pakai Rem depan
Saat motor kamu melewati medan berpasir, maka yang perlu diperhatikan adalah penggunaan remnya. Jangan gunakan rem depan karena berpotensi menyebabkan ban selip yang bisa membuat kamu terjatuh.

Selain itu, kamu juga harus menghindari pengereman mendadak atau hard braking karena juga memicu terjadinya ban selip yang membuat motor Anda tergelincir jatuh.

4.Fokus
Jaga pandangan kamu untuk melihat kondisi yang ada di depan. Jangan hanya terpaku pada jalanan yang berbatu karena dapat mencuri fokus Anda dan justru membahayakan keselamatan. 

Selama kamu berkendara dengan hati-hati, jalanan berbatu atau berkerikil separah apapun bisa dilewati dengan mudah.

Kuncinya hanyalah menurunkan kecepatan serta ego kamu dalam berkendara. Jangan hanya karena ingin lekas sampai tujuan, kamu berkendara dengan kecepatan tinggi di jalanan yang berbatu, berkerikil ataupun berpasir. Selain dapat membahayakan keselamatan diri sendiri juga dapat berbahaya bagi pengendara lain.(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x