Tips Memilih Ban Motor untuk Mudik Supaya Aman dan Nyaman

Tanggal : 25 April 2022 , Penulis : Tim Konten

Federal Oil -Ban motor menjadi salah satu piranti penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, saat membeli ban jangan sembarang pilih ukuran.

Supaya nyaman digunakan, hendaknya menggunakan ban yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis motor. Ban menjadi komponen utama yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan menahan bobot sepeda motor dan pengendaranya.

perlu diketahui bahwa ukuran ban tidak bisa sembarangan. Selain mengetahui jenis dan merek motor, kita juga harus tahu ukuran velg motor dan ukuran standar ban yang digunakan.

Baca Juga: Sebelum Mudik Jangan Lupa Lakukan Perawatan Pada Busi Supaya Performa Tetap Terjaga

Penggunaan ban yang lebih besar atau lebih kecil dari velg motor sangat tidak dianjurkan. Terutama jika motornya digunakan untuk aktivitas harian. Perlu diperhatikan ukuran velg dan ban motor yang sesuai untuk berkendara.

Menggunakan ban yang lebih besar membuat motor akan menjadi tidak nyaman, bahkan di jalanan yang lurus. Adanya ruang lebih dari ban dapat mengurangi tekanan angin di dalamnya karena celah ban dan velg.

Saat mengganti ban motor, Anda harus memilih ban motor yang sesuai dengan velg roda motor Anda. Ukuran velg dan ban motor yang pas akan membuat kinerja berkendara menjadi lebih aman.

Baca Juga: Tips Touring atau Mudik Jauh Menggunakan Sepeda Motor Ala Yamaha

Ketahui terlebih dahulu ukuran velg ban Anda sebelum mengganti ban motor. Hal ini bisa dilihat di buku panduan yang Anda terima saat membeli sepeda motor.

Sebelum membeli ban motor, pastikan mekanik atau penjual ban motor mengetahui ukuran velg motor Anda. Ban yang sesuai dengan ukuran velg akan lebih aman digunakan. Selain itu, motor akan lebih nyaman digunakan dengan velg yang sesuai dengan ukuran ban.

Tidak hanya ukuran velg dan ban motor yang harus disesuaikan. Perhatikan juga fungsi dan tujuan berkendara. Velg dan ban motor yang digunakan untuk jalanan dengan medan terjal dan berlumpur seperti motor trail tentu sangat berbeda dengan velg dan ban untuk motor harian. 

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk