DETAIL NEWS

Tips Merawat Motor di Rumah Selama Pandemi

Date : 04 Januari 2021 , Post Via : Admin, Views : 1901

Tips Merawat Motor di Rumah Selama Pandemi

Feders-Di masa pandemic Covid-19 seperti saat ini, banyak orang yang melakukan semua kegiatan dirumah seperti bekerja dan bersekolah. 

Semua serba dilakukan dirumah membuat kendaraan sepeda motor dirumah yang biasa digunakan sehari-hari menjadi terbengkalai.

Motor yang jarang digunakan justru menimbulkan berbagai masalah. Masalah umum yang sering terjadi saat motor tidak digunakan adalah adanya debu yang menempel pada kendaraan. Jika dibiarkan maka debu semakin tebal dan sulit dibersihkan.

Selain itu, masalah lain yang timbul dari motor yang tidak digunakan adalah bagian mesin yang bermasalah. Hal ini dikarenakan motor yang tidak digunakan kurang pemanasan mesin secara berkala sehingga hal inilah yang menyebabkan mesin motor bermasalah saat tidak digunakan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Oli Motor Matic Dan Manual


Berikut ini beberapa tips merawat motor di masa pandemik yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Bersihkan motor dari debu yang menempel.
Motor yang tidak digunakan cukup lama akan menjadi sarang debu. Apabila dibiarkan begitu saja mungkin hal ini akan menyebabkan debu semakin tebal sehingga semakin repotnya Anda membersihkan debu yang menempel pada motor.

Bersihkan debu dari motor Anda paling tidak tiga kali dalam sehari untuk menghindari debu menumpuk pada motor Anda.

Rutin memanaskan mesin motor
Memanaskan mesin motor dapat merawat mesin motor Anda dari kerusakan mesin. Untuk menghindari motor dari kerusakan mesin kamu bisa rutin memanaskan mesin motor Anda setidaknya sehari atau dua hari sekali dalam sekali setiap pagi hari. Tidak perlu memanaskan motor lama-lama, cukup satu sampai dua menit saja pada rpm rendah.

Baca Juga: Habis Touring Pakai Motor Matik, Cek Bagian Berikut Ini

Rutin mengganti oli motor
Meski motor Anda jarang digunakan di masa pandemic seperti saat ini. Namun Anda tetap harus merawat motor Anda dengan cara rutin mengganti oli. 

Merawat oli mesin motor dapat menjaga performa mesin motor itu sendiri. Di masa pandemic Covid-19 seperti saat ini, mungkin masih ada beberapa bengkel kendaraan yang buka dan bisa melayani pelanggan untuk merawat kendaraan motor mereka.

Kamu bisa pakai Federal Oil yang sudah terpercaya kualitasnya dan sudah disesuaikan dengan mesin motor saat ini.

Baca Juga: Fungsi Zat Aditif di Oli Sepeda Motor

Rajin mencuci kendaraan motor
Penting untuk mencuci kendaraan motor meski tidak sering digunakan. Pasalnya, motor yang dibiarkan dan tidak dicuci akan menyebabkan kemungkinan motor mengalami masalah seperti bagian mesin rembes oli, cairan rem, atau cairan pendingin mesin, atau bodi motor yang lecet.

Mengecek komponen motor berfungsi baik
Motor menjadi salah satu transportasi yang sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti untuk bekerja, mengantar anak sekolah dan lain sebagainya. Namun, di kondisi pandemic seperti saat ini tentu motor jarang digunakan dan terbengkalai di depan rumah atau di garasi.

Untuk memastikan motor masih dalam kondisi baik, kamu bisa mengecek berbagai komponen motor kamu untuk memastikan apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. 

Kamu bisa mengecek seluruh komponen seperti lampu, kanvas rem, tekanan angin ban, dan lain sebagainya. Dengan melakukan pengecekan ini, kamu bisa memastikan apakah berbagai komponen tersebut ada yang bermasalah atau tidak.(Federaloil.co.id)

 

contoh bottom frame
x