DETAIL NEWS

Tips Merawat Motor Yang Jarang Digunakan Saat Stay At Home

Date : 04 April 2020 , Post Via : Admin, Views : 3355

Tips Merawat Motor Yang Jarang Digunakan Saat Stay At Home

Feders-Untuk mencegah penyebaran virus corona agar tidak terus meluas, pemerintah Indonesia mengimbau kepada masyarakat agar tetap di rumah saja dan bekerja dari rumah.

Penerapan WFH sudah berlangsung hampir 3 minggu, mengingat orang yang terinfeksi sudah mencapai 2000 orang.

Selama di rumah saja, kita disarankan untuk menjaga kesehatan dan menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Tapi buat yang punya kendaraan bermotor, kesehatan kendaraannya atau motornya juga perlu diperhatikan mengingat lama tidak digunakan.

Ketika motor lama tidak dipakai terkadang ada beberapa komponen yang harus diperkatikan yang bisa mempengaruhi kinerja mesin motor.

Berikut ini tips perawatan motor yang lama tidak dipakai.

1.Cuci Motor
Jika kamu punya rencana kalau motor tidak akan digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya sebelum disimpan motor dibersihkan terlebih dahulu.

Apalagi dalam kondisi pandemi corona seperti ini, mencuci motor sangat disarankan, kemungkinan saja ada virus yang menempel dibagian motor yang tidak kita ketahui.

Selain untuk menjaga supaya terhindar dari virus, mencuci motor juga untuk menghilangkan debu atau lumpur yang menempel di bodi motor, supaya saat ditinggal lama tidak menyebabklan karat yang berlebihan.

2.Beri Peluma Anti Karat
Setelah dicuci ada baiknya bagain-bagain tertentu yang rentan karatan seperti rantai sebaiknya beri pelumas anti karat.

3.Gunakan Standar Tengah
Jika memang motor tidak digunakan dalam waktu yang lama sebaiknya gunakan standar tengah, terutama motor matic.

4.Panaskan Mesin Secara Rutin
Meski jarang digunakan ada baiknya panaskan mesin kurang lebih selama 3-4 menit, tujuannya supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup.

5.Lakukan Pengecekan Setiap Hari
Jika lama tidak digunakan sebaiknya cek bagian cover bodi motor terutama untuk motor matic, biasanya motor matic sangat sering digunakan sarang tikus dan binatang lainnya.

Apabila ditinggalkan, sebaiknya beri cairan atau pengharum yang tidak disukai hewan. Hindari menyimpan motor dekat dengan tempat sampah.(federaloil.co.id)

contoh bottom frame
x